BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Dettol
Salin Artikel

Pasien Sembuh Covid-19 Bertambah, 170 Kamar Karantina di Babel Hanya Diisi 2 Pasien

Sehingga ratusan kamar perawatan karantina yang disediakan pemerintah provinsi kini banyak yang kosong.

"Saat ini hanya dua kamar yang terisi dari tiga tempat yang disiapkan provinsi untuk rawat karantina," kata Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa kepada Kompas.com di Pangkalpinang, Rabu (1/7/2020).

Mikron menuturkan, tempat yang disediakan provinsi, yakni wisma BKPSDMD, asrama haji dan gedung BLK dengan total 170 kamar.

Rinciannya, wisma BKPSDMD tersedia 60 kamar dengan 1 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Asrama haji dengan 70 kamar terisi 1 pasien dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Selanjutnya gedung BLK dengan 40 kamar tidak memiliki satu pun pasien.

Hingga 30 Juni 2020 tercatat sebanyak 17 pasien positif Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung. Angka ini turun dibanding hari sebelumnya yang berjumlah 18 orang.

Total tercatat 133 pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Angka ini bertambah dibandingkan hari sebelumnya 132 pasien.

Dari 17 pasien yang terkonfirmasi positif, 1 di antaranya dirawat di fasilitas yang disediakan provinsi. Sedangkan 16 pasien lainnya tersebar di kabupaten/kota.

"Ada yang di gedung karantina kabupaten/kota, ada juga yang di RSUD seperti di Belitung," ujar Mikron.

Mikron berharap masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan. Agar mata rantai Covid-19 bisa diputus dan seluruh pasien yang tersisa bisa disembuhkan.

Kepulauan Bangka Belitung ditargetkan segera mencapai nol kasus Covid-19 sehingga aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat pulih kembali.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/01/13263311/pasien-sembuh-covid-19-bertambah-170-kamar-karantina-di-babel-hanya-diisi-2

Bagikan artikel ini melalui
Oke