Salin Artikel

Ganjar: Lebih Baik Meningkat, daripada Landai Tidak Ada Tindakan Apa-apa

KOMPAS.com - Jumlah kasus Covid-19 di Jawa Tengah, tercatat terus mengalami peningkatan.

Karena tingginya kasus baru itu, bahkan Jateng masuk dalam lima besar provinsi dengan penularan Covid-19 cukup tinggi.

Menyikapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, tingginya kasus baru itu seiring dengan gencarnya upaya tracing yang dilakukan dengan cara tes massal.

Meski dinilai masuk dalam lima besar provinsi dengan tingkat penularan Covid-19 cukup tinggi, namun ia menyebut tidak menjadi persoalan.

"Lebih baik meningkat karena memang dilakukan tracing, daripada terlihat landai tapi tidak dilakukan tindakan apa-apa. Seluruh bupati atau wali kota di Jateng saya minta terus meningkatkan pengecekan massal itu, agar upaya percepatan penanganan Covid-19 bisa tercapai," terangnya, Jumat (26/6/2020).

Menurut Ganjar, upaya tracing dengan cara melakukan rapid test massal tersebut akan terus gencar dilakukan.

Pasalnya, selain sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo. Cara tersebut juga diyakini dapat memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Maka, kami menindaklanjuti perintah itu dengan menggelar rapid test massal. Bahkan di beberapa daerah seperti Kota Semarang, tidak hanya rapid test, tapi langsung tes swab," kata Ganjar.

Sementara dari data yang tercatat dari corona.jatengprov.go.id pada Jumat (26/6/2020) pukul 21.00 WIB, jumlah kasus positif di Jawa Tengah sebanyak 3.559 orang, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 8.444 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 48.767 orang.

Sedangkan jika dilihat dari sebaran jumlah kasus baru secara nasional, pada Kamis (25/6/2020), Jawa Tengah menduduki posisi kelima dengan jumlah sebanyak 78 kasus baru.

Empat provinsi lainnya yang jumlah kasus barunya cukup tinggi adalah Jawa Timur sebanyak 247 kasus, DKI Jakarta 196 kasus, Sulawesi Selatan 103 kasus, dan Maluku Utara dengan 80 kasus.

Penulis : Kontributor Semarang, Riska Farasonalia | Editor : Khairina

https://regional.kompas.com/read/2020/06/27/11002901/ganjar-lebih-baik-meningkat-daripada-landai-tidak-ada-tindakan-apa-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke