Salin Artikel

Provinsi Jambi Jadi Juara Lomba Inovasi Kehidupan New Normal

Jambi menjadi juara I untuk kategori hotel dan juara III untuk kategori restoran dari tujuh kategori lomba yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Alhamdulillah Provinsi Jambi meraih dua penghargaan, terbaik pertama kategori/sektor hotel dan terbaik ketiga kategori/sektor restoran," kata Gubernur Jambi H Fachrori Umar dalam pernyataan yang diterima Antara di Jambi, Senin (22/6/2020).

Penghargaan itu diterima langsung Fachrori Umar di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri di Jakarta Pusat, Senin.

Acara penghargaan dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

Usai menerima penghargaan, Fachrori mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi.

Ia menegaskan bahwa penghargaan itu dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Provinsi Jambi.

"Prestasi ini saya persembahkan kepada seluruh masyarakat Provinsi Jambi. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi dalam menyukseskan lomba inovasi daerah ini," kata dia.

Fachrori menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi penambah motivasi bagi Provinsi Jambi dalam mempersiapkan diri menghadapi era normal baru.

"Ïnsya Allah, Provinsi Jambi siap menerapkan tatanan normal baru," kata Fachrori Umar.

Penjabat Sekda Provinsi Jambi Sudirman memberikan apresiasi kepada seluruh organisasi perangkat daerah yang telah bekerja keras untuk menghasilkan tujuh video yang nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat.

Ia berharap apresiasi itu memberikan motivasi kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk memulai kehidupan baru, aman dari virus corona atau Covid-19.

"Ini bagaimana kita melakukan kehidupan baru, yakni bagaimana ketika kita di restoran, ketika di hotel, di pasar tradisional, di pasar modern, di tempat rekreasi, di tempat transportasi dan pelayanan perizinan dan tahapan-tahapan ini sudah kita sosialisasikan," kata Sudirman.


Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Ema menyatakan bahwa salah satu faktor kuat yang membuat Provinsi Jambi meraih penghargaan ini adalah konsep yang sangat baik.

Konsep tersebut memperlihatkan kesiapan Provinsi Jambi dalam menghadapi kehidupan baru yang aman dari Covid-19.

Provinsi Jambi harus bersaing dengan 34 provinsi se-Indonesia, yang memperlihatkan kesiapan pemerintah daerah dalam rangka mendorong aktivitas kehidupan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Dari dua kategori ini, Provinsi Jambi mendapatkan dana insentif daerah yakni juara I sebesar Rp 3 miliar dan juara III mendapatkan dana insentif daerah Rp 1 miliar.

Ada tujuh sektor yang dilombakan, yaitu pengelolaan pasar tradisional, pengelolaan pasar modern (mall, mini market) dan transportasi umum.

Kemudian restoran, hotel, tempat wisata dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang pengelolaannya menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/23/15163211/provinsi-jambi-jadi-juara-lomba-inovasi-kehidupan-new-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke