Salin Artikel

Jelang Sekolah Dibuka di Zona Hijau, Ini Daftar Zona Penularan Covid-19 Kaltim

SAMARINDA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah memberi arahan pembelajaran tahun ajaran baru akan dimulai Juli 2020.

Hanya saja, sekolah yang diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka, khusus daerah zona hijau Covid-19.

Sedang, zona kuning, orange dan merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka. Daerah-daerah tersebut tetap melakukan pembelajaran online.

Khusus di Kaltim, hingga Kamis (18/6/2020), hanya satu daerah yang masuk zona hijau atau nihil kasus Covid-19 yakni Kabupaten Mahakam Ulu.

“Hanya Mahakam Ulu yang zona hijau sejak awal Covid-19, belum satupun terjangkit positif corona,” ungkap Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi M Ishak saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Karena itu, hanya Mahakam Ulu yang bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Kendati demikian, Andi mengingatkan, tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana panduan Kemendikbud dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sementara, sembilan kabupaten dan kota lainnya yang masuk zona merah, orange dan kuning tetap melaksanakan pembelajaran daring.


Di antaranya, Samarinda (zona oranye), Balikpapan (merah), Kutai Kartanegara (kuning), Kutai Timur (oranye), Kutai Barat (kuning), Berau (kuning), Paser (kuning), Penajam Paser Utara (kuning) dan Bontang (kuning).

“Sembilan kabupaten dan kota tersebut tetap akan melaksanakan pembelajaran online atau daring,” terang Andi.

Diketahui, untuk tahapan pembelajaran tatap muka khusus zona hijau, dimulai dari sekolah tingkat menengah atas (SMA) dan sejenisnya, Juli 2020.

Kemudian, dua bulan selanjutnya baru dibuka kembali tingkat SD dan sejenisnya. Lalu, dua bulan setelah buka SD baru dibuka kembali TK dan sejenisnya.

Hal tersebut berdasarkan hasil keputusan bersama empat Kementrian yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri tentang Panduan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/19/07060901/jelang-sekolah-dibuka-di-zona-hijau-ini-daftar-zona-penularan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke