Salin Artikel

Dirawat 75 Hari dan Pernah Gagal Napas, Pasien Positif Covid-19 Ini Sembuh

Laki-laki berusia 48 tahun ini merupakan pasien Covid-19 terlama yang dirawat di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Selama menjalani perawatan di rumah sakit, pasien yang mempunyai riwayat perjalanan dari Surabaya pernah mengalami gagal napas.

"Pasien ini sudah dipulangkan Rabu (17/6/2020). Pasien ini merupakan pemudik dari Surabaya," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati kepada Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Kendati sudah sembuh, Yunia mengatakan masih terus memantau terhadap perkembangan pasien.

Pasien merupakan pasien kedua yang diberikan transfusi plasma konvalesen.

"Kami meminta supaya pasien ini melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari dan pemantauan dari Puskesmas setempat," ungkap Yunia.

Terpisah, Kepala Sub Bagian Humas dan Hukum RSUD Dr Moewardi Solo, Eko Haryati mengatakan, pasien asal Sukoharjo merupakan pasien Covid-19 terlama yang dirawat di RSUD Dr Moewardi selama ini.

Pasien merupakan pasien rujukan dari RSUD Sukoharjo pada 3 April 2020. Dia datang dengan keluhan batuk sejak dua pekan sebelum masuk rumah sakit. 

"Pasien mempunyai riwayat bepergian ke Surabaya kurang lebih satu setengah bulan sebelum ada keluhan," kata Eko.


Sebelum dirujuk ke RSUD Dr Moewardi Solo, pasien pada 1 April 2020 dirawat di RSUD Sukoharjo.

Setelah hasil rapid test dinyatakan reaktif, pasien ini dirujuk ke RSUD Dr Moewardi Solo.

"Pasien dirawat di ruang isolasi RSUD Dr Moewardi selama dua setengah bulan. Pasien pernah mengalami gagal napas dan pasien dirawat dengan protokol penanganan pasien Covid serta pemberian transfusi plasma konvalesen," terang dia.

Pasien dinyatakan sembuh karena sudah tidak ada gejala dengan diperkuat pemeriksaan swab tenggorokan yang menunjukkan negatif Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/18/12113731/dirawat-75-hari-dan-pernah-gagal-napas-pasien-positif-covid-19-ini-sembuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke