Salin Artikel

Selama 12 Hari Tak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Solo, Rudy: Jangan Tambah

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mencatat dalam 12 hari terakhir, yakni 6-17 Juni 2020 tidak ada penambahan kasus pasien terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19. Tercatat, pasien positif Covid-19 ada 37 orang.

Di samping itu, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh pada Rabu (17/6/2020) tercatat bertambah lima orang. Total pasien sembuh ada 29 orang.

"Pasien sembuh ada lima. Sekarang yang masih dirawat ada empat orang," kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo alias Rudy di Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Rudy mengatakan jika 14 hari ke depan tidak ada penambahan angka kasus Covid-19, maka bisa dikatakan Solo sudah tidak lagi berstatus kejadian luar biasa (KLB).

Meskipun angka kasus melandai, Rudy meminta masyarakat untuk tetap menerapkan standar protokol kesehatan penanganan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

"Selama 14 hari jangan tambah. Hari pertama fase kedua jangan sampai ada yang terpapar Covid-19. Ini yang terus kami sampaikan," ujar dia.

Tidak adanya penambahan kasus Covid-19 selama hampir dua pekan tersebut, juga menjadi pertimbangan Pemkot Solo dalam memberikan izin pengelola perhotelan untuk menggelar kembali kegiatan pesta pernikahan maupun pertemuan.

Namun, Rudy berpesan agar tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19, yaitu dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas.

"Mau sekarang boleh, yang penting itu memberitahu," ungkap Rudy.

Adapun sektor lain yang juga sudah dibuka kembali di tengah pandemi Covid-19 adalah rumah ibadah dan sektor ekonomi yang di antaranya adalah pusat perbelanjaan atau pasar modern.

Pembukaan tersebut berdasarkan peraturan wali kota (Perwali) No 10 Tahun 2020 tentang Petunjuk Penanganan Covid-19 yang ditetapkan Senin (8/6/2020).

https://regional.kompas.com/read/2020/06/17/19082051/selama-12-hari-tak-ada-penambahan-kasus-positif-covid-19-di-solo-rudy-jangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke