Salin Artikel

Viral Video Perawat Covid-19 Meninggal, Diberi Penghormatan Terakhir

Video tersebut tentang penghormatan terakhir bagi perawat yang bertugas melayani pasien Covid-19 di Semen Padang Hospital (SPH) Padang, Sumatera Barat.

Video yang dibagikan akun Instagram @pdg24jam dengan durasi 59 detik itu sudah dilihat 12.945 pengguna hingga Rabu (17/6/2020), pukul 09.00 WIB.

Video itu diawali dengan gambar ucapan belasungkawa atas meninggalnya perawat SPH Risa Afrina pada Selasa kemarin.

Setelah itu, terlihat warga mengangkat peti jenazah.

Kemudian terlihat puluhan tenaga kesehatan dan karyawan SPH berdiri berjajar memberi penghormatan terakhir saat mobil ambulans yang membawa jenazah Risa berlalu.

Direktur Utama SPH Farhan Abdullah yang dihubungi Kompas.com, membenarkan kejadian tersebut.

Menurut Farhan, Risa meninggal dunia saat bertugas melayani pasien Covid-19 pada Selasa kemarin, sekitar pukul 11.00 WIB.

"Saat bertugas, Almarhumah tiba-tiba terjatuh. Salah seorang pasien memberitahu petugas dan kemudian dilakukan tindakan, namun nyawanya tidak dapat ditolong," kata Farhan saat dikonfirmasi, Rabu.


Menurut Farhan, Almarhumah diduga terkena serangan jantung.

Namun demikian, pihaknya tetap melakukan tes swab untuk mengujinya.

Farhan menyebutkan, Risa baru bertugas di SPH selama tiga hari.

"Kemungkinan tertular Covid-19 kecil, karena baru tiga hari tugas. Namun kita tetap lakukan tes swab," kata Farhan.

Menurut Farhan, penghormatan terakhir dari karyawan SPH untuk Almarhumah merupakan bentuk rasa belasungkawa terhadap salah satu tenaga kesehatan yang berjuang melawan Covid-19.

"Walaupun baru tugas tiga hari, namun dia sudah ikut berjuang melawan Covid-19. Ini menjadi semangat bagi tenaga kesehatan lainnya untuk sama-sama berjuang melawan Covid-19 ini," kata Farhan.

Farhan berharap pemerintah memberi apresiasi dan penghormatan bagi Risa dan tenaga kesehatan lainnya yang meninggal dunia dalam menjalankan tugas melawan Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/17/10291361/viral-video-perawat-covid-19-meninggal-diberi-penghormatan-terakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke