Salin Artikel

Ratusan Santri di Bangka Diizinkan Berangkat ke Pulau Jawa

Salah satu lokasi tujuannya adalah Pesantren Gontor di Jombang, Jawa Timur.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, keberangkatan para santri saat pandemi Covid-19 ini berdasarkan kesepakatan pemerintah daerah dengan mengikuti anjuran protokol kesehatan.

"Para santri ini sudah mendapatkan izin baik dari pondok pesantren, pemerintah setempat, juga Pemprov Babel," kata Erzaldi di Ruang Bangka City, Selasa (16/6/2020).

Menurut Erzaldi selama ini para santri mengikuti protokol kesehatan dan sudah dibuktikan dengan surat keterangan.

"Kami berkewajiban untuk mengantar mereka hingga sampai tujuan dengan selamat. Mereka sudah melakukan rapid test dan surat kesehatan sudah kita keluarkan," kata Erzaldi.

Total tercatat sebanyak 127 santri yang akan berangkat melanjutkan pendidikan.

Pemprov mengimbau orangtua para santri untuk mengirim anaknya ke pesantren secara kolektif, sehingga mudah dikoordinasi.

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Babel Mikron Antariksa mengatakan, para santri yang diberangkatkan ini sudah mengikuti anjuran protokol kesehatan, karena hal itu salah satu kewajiban yang harus diikuti.

"Semuanya dinyatakan bebas dari virus corona. Tetap jaga jarak, pakai masker dan di dalam pesawat demikian juga," kata Mikron kepada para santri.

Ketua Perwakilan Pondok Pesantren Gontor di Babel Edwar Setiawan mengapresiasi Pemprov Babel atas bantuan pemberangkatan para santri, termasuk rapid test gratis serta kemudahan lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/16/14214651/ratusan-santri-di-bangka-diizinkan-berangkat-ke-pulau-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke