Salin Artikel

Deteksi Dini Covid-19, Kebumen Canangkan 460 Desa Siaga

KEBUMEN, KOMPAS.com - Memasuki tahapan new normal atau kenormalan baru, Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mencanangkan 460 desa/kelurahan siaga Covid-19.

Bupati Kebumen Bupati Yazid Mahfudz mengatakan, pencanangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan diri agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Desa siaga ini adalah penanganan covid-19 yang berbasis komunitas dan gotong royong. Partisipasi dan pemberdayaan masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan penanganan covid-19 di masing-masing wilayah," kata Yazid kepada wartawan, Jumat (12/6/2020).

Dia meminta masyarakat bersiap menghadapi kebiasaan baru.

"Masyarakat tetap dapat beraktivitas, namun dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan," tuturnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Teguh Kristiyanto mengatakan, pencanangan desa siaga Covid-19 bertujuan untuk melakukan deteksi dini kemungkinan penyebaran Covid-19.

"Semua desa masih melakukan pencegahan Covid-19, meskipun ada keterbatasan karena sudah tidak dibiayai APBDes, mereka gotong royong. Contohnya mendirikan pos check point untuk mendata warga yang masuk, tujuannya untuk deteksi dini potensi penyebaran Covid-19," jelas Teguh.

Dengan pencanangan tersebut, kata Teguh, diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam menekan penyebaran Covid-19.

"Harapannya masyarakat tumbuh kepeduliannya, kepedulian itu tidak harus dalam bentuk uang. Pertama kami harapkan adalah mereka mematuhi aturan-aturan yang berlaku untuk pencegahan covid-19, seperti menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan," kata Teguh.

Diberitakan sebelumnya, saat ini kabupaten di pesisir selatan Jateng ini telah nihil kasus positif covid-19.

Seluruh pasien yang dirawat telah dinyatakan sembuh.

Secara kumulatif, pasien positif covid-19 di Kebumen pada tiga bulan terakhir berjumlah 34 orang. Dari jumlah itu 32 orang di antaranya telah sembuh dan dua orang meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/12/20332221/deteksi-dini-covid-19-kebumen-canangkan-460-desa-siaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke