Salin Artikel

Taman Satwa Taru Jurug Solo Akan Dibuka Kembali Pekan Depan

"Paling cepat buka tanggal 19 Juni sekalian sambil syukuran hari jadi Pemkot Solo ke-74," kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo di Solo, Jawa Tengah, Jumat (12/6/2020).

TSTJ ditutup dari aktivitas kunjungan wisatawan pada 13 Maret 2020 atau tepatnya setelah Solo menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19.

Pembukaan kembali TSTJ tersebut sebagai langkah persiapan menyambut kenormalan baru atau new normal.

Meski demikian, masyarakat maupun pengunjung diimbau untuk tetap menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.

"Kita tetap mengimbau pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan. Sehingga apa yang telah diatur oleh TSTJ harus diikuti secara keseluruhan," jelas Rudy.

Adapun persiapan yang dilakukan untuk membuka kembali objek wisata itu adalah dengan menyiapkan bilik antiseptik, hand sanitizer dan petugas untuk mengecek suhu tubuh pengunjung.

"Masuk harus pakai masker, cuci tangan, dan cek suhu tubuh. Biar semuanya aman," ungkapnya.

Rudy meminta pengunjung tidak diperbolehkan mengajak anak-anak. Begitu juga dengan ibu hamil dilarang untuk berkunjung ke TSTJ.

"Pengunjung yang boleh datang adalah usia 18 tahun ke atas. Dan, saya minta untuk diatur. Pengunjung jangan seharian di sini," terang Rudy.


Direktur Utama TSTJ Solo Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso mengatakan, pengunjung yang datang akan dibatasi 1.000 perhari. Dari jumlah itu akan dibagi dua kelompok.

Bimo menambahkan, kelompok pertama pukul 09.00 WIB -12.00 WIB sebanyak 500 orang dan kelompok kedua pukul 13.00 WIB -16.00 WIB sebanyak 500 orang.

"Kita sudah bekerja sama dengam Diskominfo untuk mendaftarnya secara online. Kita sudah siapkan linknya. Jadi, yang sudah beli tiket dimuka bisa mendaftar dengan disebutkan nomor seri tiketnya," terang Bimo.

Pembukaan ini baru diberlakukan untuk area satwa. Sedang wahana permainan belum akan dioperasikan.

Sementara untuk pedagang akan diberlakukan sistem ganjil-genap.

"PKL kita minta tidak menyediakan makan di tempat, tapi dibungkus. Sesuai arahan Bapak Wali Kota akan dibuka Jumat depan," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/12/16465791/taman-satwa-taru-jurug-solo-akan-dibuka-kembali-pekan-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke