Salin Artikel

Tuntut Penjabat Desa Diganti, Warga Blokade Jalan Penghubung Tiga Kabupaten

AMBON, KOMPAS.com - Warga Desa Kamariang, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, membokade jalan Lintas Seram yang mengubungkan tiga kabupaten di pulau terbesar di Maluku tersebut, Kamis (11/6/2020) siang.

Aksi pemblokiran jalan tersebut dilakukan warga dengan menggunakan karung berisi pasir dan sejumlah kayu yang diletakan melintang di atas jalan.

Warga menuntut Penjabat Kepala Desa Kamariang, berinisial MP segera diganti karena dinilai tidak transparan dalam mengelola dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) tahun 2019.

“Kalau tidak diganti kami akan blokir jalan ini terus sampai tuntutan kami ini dipenuhi,” kata Anes, salah seorang warga kepada Kompas.com, via telepon seluler, Kamis.

Akibat aksi pemblokiran itu, akses transportasi yang menghubungkan tiga kabupaten yakni Seram Bagian Barat, Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur lumpuh total.

“Sampai saat ini jalan masih diblokir. Kami minta Bupati Seram Bagian Barat segera menyelesaikan masalah ini,” kata dia.

Dihubungi secara terpisah, Camat Kairatu Sapri Tutupoho mengakui, aksi pemblokiran jalan tersebut dilakukan karena warga menginginkan penjabat desa tersebut diganti.

“Pemblokiran ini dilakukan dari malam tapi sudah dibuka. Tapi, hari ini warga kembali blokir lagi dan sampai sekarang blokade belum dibuka, jadi masih lumpuh total. Mereka menuntut penjabat desa segera diganti,” ujar dia.

Safri mengaku, terkait dengan tuntutan warga tersebut, ia telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat.

Selain itu, ia bersama aparat TNI Polri juga sedang bernegosiasi dengan masyarakat untuk dapat membuka bolkade.

“Sudah koordinasi dengan Pak Bupati, saat ini juga kami masih di lapangan bersama komandan Koramil dan Kapolsek,” kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/11/15231931/tuntut-penjabat-desa-diganti-warga-blokade-jalan-penghubung-tiga-kabupaten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke