Salin Artikel

Wali Kota Pontianak: Hampir 50 Persen Pasien Corona Sudah Sembuh

Menurut dia, hal ini menunjukkan tingkat pertumbuhan Covid-19 mulai menurun karena terus bertambahnya pasien yang sembuh.

"Sehingga grafik jumlah kasus Covid-19 yang sembuh di Kota Pontianak sudah hampir 50 persen," kata Edi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/6/2020).

Edi menambahkan, pada hari ini, pasien positif Covid-19 asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat, yang sembuh berjumlah 17 orang.

Sebanyak 17 pasien tersebut berasal dari berbagai kluster yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Pontianak.

"Dua kali hasil tes swab mereka negatif dan dinyatakan sembuh. Nanti mereka kita minta istirahat dulu di rumah, selanjutnya baru beraktivitas kembali seperti biasa," ujar Edi.

Edi menyebut, pasien yang terpapar Covid-19 bisa sembuh selama disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Selama dalam perawatan, pasien diberikan asupan makanan bernutrisi dan kesehatan mereka terus dipantau.

"Bahkan, ada pasien yang berusia di atas 75 tahun bisa sembuh," terang Edi.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak, Sidiq Handanu menerangkan, angka reproduksi efektif (RT) Covid-19 sudah di bawah satu.

Hal itu berdasarkan perkembangan dua hari terakhir dengan tidak adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Pontianak.

"Tingkat pertumbuhannya mulai menurun, karena yang sembuh mulai banyak," ungkap Handanu.

Ia menambahkan, untuk menuju kehidupan normal baru selain faktor epidemiologi, juga perlu adanya kesiapan rumah sakit dan kemampuan pemerintah untuk melakukan upaya penyelidikan epidemiologi. Misalnya tracing, pemeriksaan dan lainnya.

"Upaya dalam rangka menjaga jarak juga harus tetap dilakukan, tidak harus menunggu ditetapkannya normal baru," pungkas Handanu.

Sementara itu, sejak virus corona mewabah dan menjadi pandemi hingga Rabu (3/6/2020) 19.00 WIB, ada sebanyak 202 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Barat.

Sebanyak 79 orang di antaranya dinyatakan sembuh. Empat lainnya meninggal dunia. Sementara ada 119 pasien yang masih diisolasi di rumah sakit dan rumah pribadi.

Kemudian masih ada ada 93 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang tengah dirawat di ruang isolasi sejumlah rumah sakit serta tempat isolasi lain sembari menunggu hasil uji laboratorium.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/04/14583191/wali-kota-pontianak-hampir-50-persen-pasien-corona-sudah-sembuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke