Salin Artikel

Tersesat Saat Turuni Gunung Awu, 2 Pendaki Diselamatkan Tim SAR

MANADO, KOMPAS.com - Hermanto Mahonis (32) dan Randy Mandalurang (16), berhasil diselamatkan oleh tim SAR gabungan, Selasa (2/6/2020).

Mereka merupakan warga Desa Mala, Tahuna, Kabupaten Sangihe.

Keduanya dievakuasi karena tersesat saat menuruni Gunung Awu, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara.

Kepala Basarnas Manado Suhri Sinaga mengatakan, insiden ini baru diketahui oleh Basarnas pada Senin kemarin, pukul 20.45 Wita.

Kronologinya, pada pukul 04.30 Wita, mereka menuju Gunung Awu untuk membuat jalur program majelis tua-tua kampung (MTK).

Kemudian, pada pukul 19.00 Wita, salah satu pendaki menghubungi istrinya dan mengabarkan bahwa mereka tersesat pada saat menuruni gunung.

Tim Rescue Pos SAR Tahuna langsung menuju lokasi sesuai titik koordinat yang diberikan melalui ponsel korban pada pukul 21.00 Wita.

"Kedua korban akhirnya berhasil ditemukan pada hari ini pukul 03.45 Wita dengan kondisi selamat, dan selanjutnya dievakuasi ke Desa Mala dan diserahkan ke pihak keluarga," ujar Sinaga, Selasa siang.

Sinaga berterima kasih kepada seluruh pihak yang turut terlibat dalam pencarian.

"Terima kasih bagi masyarakat yang turut membantu dalam proses pencarian hingga korban bisa ditemukan. Dengan selesainya proses evakuasi maka operasi SAR ini ditutup dengan hasil dua orang selamat,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/02/15441231/tersesat-saat-turuni-gunung-awu-2-pendaki-diselamatkan-tim-sar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke