Salin Artikel

Gubernur Maluku Klaim Dapatkan Obat Corona dari China, Ini Penjelasan Lengkapnya

KOMPAS.com - Gubernur Maluku Murad Ismail mengklaim dirinya telah mendapatkan obat yang menyembuhkan pasien Covid-19 atau corona di Wuhan, China. 

Obat tersebut, menurut Murad, bukan obat kimia tetapi herbal. Dirinya berharap, obat tersebut bisa meringankan beban para pasien COvid-19. 

“Hari ini saya menyerahkan bantuan obat Covid-19 kepada Gustu Provinsi sebanyak 1.200 pcs, masing-masing dos isinya 24 butir obat untuk pasien Covid-19 yang masih tanpa gejala, masih belum berat. Ini ada obat baru sampai kemarin siang, bantuan dari teman saya di Jakarta,” ungkap dia, Senin (1/6/2020). 

Berikut ini fakta lengkapnya:

Dari penjelasan Gubernur Murad, obat herbal itu bernama “Lianhua Qingwen Capsules”.

“Kapsul ini bukan obat kimia, tapi herbal. Obat ini sudah berhasil menyembuhkan pasien di Wuhan, China,” kata Murad, kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Murad secara simbolis menyerahkan obat yang telah dia pesan sejumlah 1.200 pcs kepada Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang, di Kantor Gubernur Maluku.

Murad menjelaskan, obat tersebut akan diperuntukkan untuk pasien yang terpapar Covid-19 ringan atau untuk orang tanpa gejala (OTG).

“Obat ini dari Wuhan langsung dan ini apabila baru terpapar, bisa minum selama enam hari 3 kali sehari 4 kapsul,” kata dia.

Menurut Murad, obat tersebut didapat dari salah satu relasinya di Jakarta dan akan dibagikan ke seluruh rumah sakit di Maluku. 


3. Tanggapan Kepala Pelaksana Gugus Tugas Maluku

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengaku sudah pernah mengonsumsi obat tersebut.

Namun, dirinya belum mengetahui apakah obat itu sudah mendapat restu dari BNPB atau Satgas pusat untuk digunakan ke pasien.

“Nanti kami cek. Tapi, kami sudah mulai pakai (obat tersebut)," pungkas dia.

"Saya bekerja dengan semua kemampuan yang dimiliki, termasuk menghubungi semua koneksi yang dimiliki untuk membantu meringankan beban masyarakat di Maluku di tengah pandemi COVID-19 saat ini," katanya.

Selain obat-obatan tersebut, Murad diketahui juga menyerahkan tiga peralatan ventilator yang merupakan bantuan dari koleganya.

(Penulis: Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Editor: Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2020/06/02/09100091/gubernur-maluku-klaim-dapatkan-obat-corona-dari-china-ini-penjelasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke