Salin Artikel

Bandara Pattimura Siap Layani Penumpang Saat Fase New Normal

General Manager Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Amiruddin Florensius mengatakan, Angkasa Pura I telah selesai menyusun pedoman protokol kesehatan selama fase new normal.

“Angkasa Pura I telah menyelesaikan pedoman protokol kesehatan untuk mendukung operasional penerbangan dalam situasi new normal. Pedoman ini dapat segera mungkin disosialisasikan dan diterapkan begitu peraturan resmi mengenai situasi new normal dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” ujar Amiruddin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (29/5/2020).

Secara khusus, pedoman protokol kesehatan new normal yang disusun Angkasa Pura I mengatur secara rinci prosedur dan syarat yang dibutuhkan penumpang untuk melakukan perjalanan domestik dan internasional.

Pedoman itu juga berisi tetang cara mencegah penyebaran virus corona baru atau Covid-19.

Lalu, pedoman penerapan social dan physical distancing, pengecekan dokumen kesehatan, pengecekan suhu tubuh. Hal itu tak hanya diterapkan kepada penumpang tapi juga mitra usaha dan petugas bandara.

“Kami memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti counter check in, troli, self check in machine, SCP (Tray & X Ray), toilet, boarding pass scanner, hand rail, armchair dan lain sebagainya. Di bandara kami dilakukan pembersihan secara intens & berkala menggunakan disinfektan untuk memberikan rasa aman kepada penumpang saat sedang melakukan perjalanan,” kata Amiruddin.

Angkas Pura I mewajibkan petugas operasional di bandara menggunakan alat pelindung diri seperti kaca mata pelindung, masker, dan sarung tangan. Bandara juga menyediakan cairan pembersih tangan di beberapa area terminal.

Angkasa Pura I juga mengatur jarak antrean minimal 1,5 meter pada area check in, security check point, Imigrasi, boarding lounge, garbarata, area pengambilan bagasi, dan tempat menunggu transportasi publik.

“Pedoman Protokol Kesehatan The New Normal ini merupakan komitmen Angkasa Pura I untuk memberikan suatu rasa aman dan nyaman kepada seluruh calon penumpang jasa bandara dan mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tambah Amiruddin.

Sementara itu, Amiruddin mengaku terjadi penurunan jumlah penumpang dibandingkan kondisi normal.

“Hal ini tentu dapat kita pahami, mengingat langkah-langkah yang diambil pemerintah terkait pembatasan perjalanan demi memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2. Kita semua pastinya berharap keadaan dapat segera membaik," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/29/18155721/bandara-pattimura-siap-layani-penumpang-saat-fase-new-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke