Salin Artikel

Tercatat Nihil, Ini Cara Unik Suku Baduy Tangkal Corona

KOMPAS.com - Suku Baduy Dalam yang berada di Kabupaten Lebak, Banten, punya cara sendiri untuk menangkal penyebaran virus corona atau Covid-19.

Bahkan dengan cara yang dilakukan itu, terbukti hingga saat ini tak ada satu orang pun warga suku Baduy yang terjangkit virus mematikan tersebut.

Tetua Adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Jaro Saija mengatakan, untuk menangkal virus corona tersebut pihaknya menjalankan ritual Kawalu selama kurang lebih 3 bulan.

"Kami menjamin pemukiman Baduy terbebas dari penyakit yang mematikan itu, kami juga melakukan penjagaan agar pengunjung yang hendak masuk ke tanah hak ulayat Baduy dilakukan pemeriksaan kesehatan," katanya, Minggu (17/5/2020).

Untuk mencegah terjadinya penularan, selama menjalani ritual tersebut warganya dilarang pergi ke luar daerah, khususnya Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor yang saat ini telah ditetapkan sebagai zona merah.

"Kami minta warga Baduy agar tetap berada di ladang maupun rumah guna mencegah pandemi Covid-19 itu," katanya menjelaskan.

Sedangkan mereka yang berada di perantauan diminta untuk segera pulang.

Mereka yang pulang ke kampung halaman, terlebih dulu diwajibkan melakukan pengecekan kesehatan di puskesmas setempat.

Sementara itu, Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullahami mengatakan, hingga saat ini warga di suku Baduy belum ada satupun yang tercatat terjangkit virus corona.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menangkal penyebaran virus corona tersebut, lanjut dia, dengan cara melakukan edukasi pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami bekerja keras agar Lebak dan warga Baduy terbebas dari pandemi Covid-19," katanya.

Editor : Michael Hangga Wismabrata

https://regional.kompas.com/read/2020/05/18/04440241/tercatat-nihil-ini-cara-unik-suku-baduy-tangkal-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke