Salin Artikel

Viral di Media Sosial dan Terkenal, Mbah Minto Dikenal Lucu dan Lugu

KLATEN, KOMPAS.com - Mbah Minto bak artis yang lagi naik daun. Nenek berusia sekitar 70 tahun ini mendadak viral setelah videonya diunggah di channel YouTube Ucup Klaten.

Mbah Minto menjadi pemeran dalam video dagelan Jowo gagal mudik bersama Ucup Klaten.

Video tersebut ramai dan banyak disebarkan masyarakat dalam berbagai platform media sosial.

Saking viralnya video itu, rumah Mbah Minto di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah selalu didatangi warga yang ingin mengetahui lebih dekat dengan sosoknya.

Begitu juga dengan Bupati Klaten Sri Mulyani. Orang nomor satu di Kabupaten Klaten ini menyempatkan waktunya untuk berkunjung di kediaman Mbah Minto.

Video gagal mudik Mbah Minto sampai dilihat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Penasaran dengan sosok Mbah Minto, orang nomor satu di Jateng itu sampai live Instagram dengan Mbah Minto.

Setelah cukup lama berbincang melalui live Instagram, Mbah Minto diberi THR oleh suami dari Siti Atiqoh Supriyanti sebesar Rp 1.000.000 yang dia kirim melalui rekening milik Ucup.

"Iya, sama Pak Ganjar dapat THR Rp 1.000.000," kata Muhammad Sofyan (30) pemeran Ucup Klaten saat ditemui Kompas.com belum lama ini.

Mbah Minto merupakan salah satu pemeran dalam konten video Ucup Klaten.

Setiap berkolaborasi dengan Mbah Minto, Ucup mengatakan, videonya selalu viral dan banyak yang menonton.

"Sama Mbah Minto itu videonya cepat viral dan cepat menyebar. Di video-video sebelumnya gitu. Kalau sama Mbah Minto bahannya lucu cepat nyebar ke mana-mana," tutur Ucup.

Dia pun lebih sering membuat konten YouTube bersama dengan Mbah Minto. Karakter Mbah Minto yang lucu membuat orang yang menonton videonya menjadi terhibur.

Ucup menyampaikan, video dirinya bersama dengan Mbah Minto pada saat pertama kali buat hingga sekarang sudah mendapat lebih dari 1 juta viewer.

Menurut Ucup, semua alur cerita dalam video YouTube tersebut dirinya yang buat. Dirinya juga tidak menggunakan teks tertulis untuk dipelajari Mbah Minto.

"(Simbah) nggak bisa baca teks. Jadi saya mendikte dan simbah menirukan saja. Dan beliau senang,” ceritanya.

Plt Camat Bayat Kelik mengatakan, Mbah Minto merupakan sosok warga yang kreatif. Meski usianya sudah tua masih tetap berkarya dalam video YouTube bersama Ucup Klaten.

"Setelah viral itu saya secara detail tidak mengetahui perubahannya. Tetapi saya yakin beliau tetap sama orangnya lugu," kata Kelik.

Mbah Minto merupakan warga yang sangat membantu program Pemerintah Kabupaten Klaten dengan video gagal mudik yang dibuat bersama Ucup Klaten.

Sebab, video gagal mudik Mbah Minto tersebut sebagai bentuk sosialisasi dan imbauan agar perantau tidak mudik di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

"Beliau mendukung program pemerintah terkait tidak mudik. Sehingga Ibu Bupati sampai datang ke rumah Mbah Minto untuk memberikan apresiasi kepada beliau," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/16/04300031/viral-di-media-sosial-dan-terkenal-mbah-minto-dikenal-lucu-dan-lugu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke