Salin Artikel

Purnomo Akui Sudah Buat Surat Pengunduran Diri dari Pilkada Solo 2020

SOLO, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo mengaku, sudah membuat surat terkait rencana pengunduran dirinya dari kontestasi Pilkada Serentak 2020.

Surat tersebut akan diserahkan ke DPC PDI-P Kota Solo setelah KPU secara resmi mengumumkan Pilkada Serentak diselenggarakan pada 9 Desember 2020.

"Kalau memang Pemilu dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 saya merencanakan mau mengundurkan diri sebagai calon Wali Kota Solo kepada Ketua PDI-P Kota Solo," kata Purnomo di Solo, Jawa Tengah, Jumat (15/5/2020).

Setelah surat diserahkan, Purnomo mengatakan tetap menunggu keputusan dari Ketua DPC PDI-P apakah diizinkan mundur dari penugasan sebagai calon wali kota atau tidak.

"Saya diizinkan atau tidak nanti. Urutannya kan begitu. Surat sudah saya buat tanggal 5 Mei 2020," ungkap dia.

Alasan dirinya ingin mengembalikan mandat penugasannya sebagai bakal calon wali kota ke partai pengusung karena pandemi Covid-19.

"Ini sebetulnya masalah perasaan. Saya itu tidak sampai hati kalau seandainya di tengah-tengah pandemi corona yang belum berakhir, kok melakukan kegiatan kampanye dan sebagainya berkaitan Pilkada," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PDI-P Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, rencana pengunduran diri Purnomo dari bakal calon wali kota harus dihargai dan dihormati.

"Itu hak beliau. Harus kita hormati," kata Rudy.

Rudy menilai, Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 tidak realistis. Pemerintah seharusnya lebih mengutamakan kondisi rakyat di tengah pandemi wabah corona, daripada menyelanggarakan Pilkada Serentak 2020.

Selain itu, kapan wabah corona di Indonesia berakhir juga belum dapat diketahui. Belum lagi, Pemilu juga akan kembali digelar pada 2024 mendatang.(K136-17)

https://regional.kompas.com/read/2020/05/15/12194861/purnomo-akui-sudah-buat-surat-pengunduran-diri-dari-pilkada-solo-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke