Salin Artikel

95 Persen Pasien Positif Corona yang Diisolasi di Kalbar Berstatus OTG

PONTIANAK, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengungkapkan terdapat 129 kasus konfirmasi positif Covid-19.

Sebanyak 22 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

"104 orang yang masih positif tengah diisolasi di rumah sakit atau di tempat isolasi yang telah ditentukan," kata Sutarmidji kepada wartawan, Jumat (15/5/2020).

Dari 104 orang yang masih berstatus positif tersebut, 95 persen merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) atau sudah tidak ada keluhan sakit seperti demam, batuk dan pilek serta sesak nafas.

Meski demikian, tetap harus diisolasi karena virus masih di tubuh mereka.

"Sebanyak 95 persen mereka yang positif ini orang tanpa gejala. Dia sehat. Seperti kalian ini bisa beraktivitas. Mungkin jenuh mereka diisolasi itu," ujar Sutarmidji.

Selain itu, terdapat lebih 20 orang positif yang sudah menuju kesembuhan, karena tahap pertama uji laboratorium swab mereka sudah negatif.

"Jadi tinggal menunggu hasil uji laboratorium swab tahap kedua. Jika tetap negatif, maka sembuh dan dipulangkan," ucap Sutarmidji.

Sutarmidji mengimbau seluruh masyarakat menahan diri untuk tetap berada di rumah.

Namun, jika terpaksa keluar, harus menggunakan masker dan menghindari kerumunan.

"Selalu jaga jarak, cuci tangan sesering mungkin dan ganti baju ketika pulang dari luar rumah, mandi dan jaga imunitas tubuh," imbaunya.

Dia juga menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi madu dicampur dalam teh panas, demi menjaga kondisi tubuh tetap fit.

"Semoga pandemi Covid-19 di Kalbar cepat berlalu dan jangan lupa selalu berdoa untuk keselamatan kita semua," pungkas Sutarmidji.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/15/08585161/95-persen-pasien-positif-corona-yang-diisolasi-di-kalbar-berstatus-otg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke