Salin Artikel

Update Covid-19 NTB: 33 Pasien Sembuh, Angka Kesembuhan Capai 51,4 Persen

"Pada hari ini Alhamdulillah jumlah pasien yang sembuh jauh lebih besar dari pada kemarin. Kalau kemarin ada 24 pasien yang sembuh, hari ini ada 33 orang pasien yang berhasil disembuhkan," jelas Kepala Dinas Kesehatan NTB Nurhandini Eka Dewi dalam rilis resmi, Kamis.

Pasien sembuh itu tersebar di lima kabupaten dan kota di NTB. Di antaranya, 23 pasien di Kabupaten Dompu, 5 di Kabupaten Lombok Timur, dan 3 di Kota Mataram.

Kemudian, masing-masing satu pasien di Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Lombok Barat.

Adapun 23 pasien Covid-19 yang sembuh dari Dompu berasal dari klaster Ijtima Ulama Gowa. Mereka menjalani 20 hari masa perawatan.

Sehingga, sebanyak 183 pasien dinyatakan sembuh hingga Kamis.

"Angka pasien sembuh baru hari ini sebanyak 33 orang merupakan kabar yang menggembirakan bagi kita semua, sehingga total pasien yang sembuh sebanyak 183 orang atau 51,4 persen dari total pasien positif Covid-19 sebanyak 356 orang," kata Nurhandini.

Enam pasien positif

Selain pasien sembuh, Nurhandini juga mengumumkan tambahan enam pasien positif Covid-19.

Jumlah itu didapat berdasarkan pemeriksaan spesimen di Laboratorium RSUD NTB, RSU Unram, dan Laboratorium STP Sumbawa.

"Sebanyak 234 spesimen telah diperiksa dengan hasil 211 spesimen negatif, tujuh spesimen positif merupakan hasil evaluasi dari pasien yang dirawat dan enam spesimen positif baru," kata Nurhandini.


Pasien yang baru dinyatakan positif itu di antaranya, dua dari Kota Mataram, dua dari Kabupaten Lombok Timur, dan dua dari Kabupaten Bima.

Sehingga, terdapat 356 pasien positif Covid-19 di NTB hingga Kamis. 

"Enam orang yang berasal dari tiga kabupaten ini kita harapkan dapat dirawat dengan baik dan bisa mengikuti teman-teman yang lain untuk segera sembuh," kata Nurhandini.

Meski angka kesembuhan dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi, Nurhandini meminta masyarakat tetap disiplin mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap di rumah, menjaga jarak, dan memakai masker.

Masyarakat juga diingatkan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah penyebaran virus corona baru atau Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/14/20502991/update-covid-19-ntb-33-pasien-sembuh-angka-kesembuhan-capai-514-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke