Salin Artikel

Sungai Ciberang Kembali Meluap, Jembatan Penghubung Banten-Jabar Putus

Jembatan ini berada di kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Jembatan ini menghubungkan jalur Cipanas-Sobang-Citorek-Warung Banten-Sukabumi

Pengelola Jalan dan Jembatan Wilayah Kabupaten Lebak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten Kuncoro mengatakan, jembatan itu kembali terputus setelah terjadi hujan intensitas tinggi yang menyebabkan Sungai Ciberang meluap dan jembatan longsor.

"Kita menerjunkan alat berat agar jembatan itu kembali dilintasi angkutan kendaraan roda empat," ujar Kuncoro seperti dikutip dari Antaranews.com.

Miring 65 derajat sebelum putus

Menurut Kuncoro, ruas jalan yang melintasi kawasan hutan konservasi TNGHS memang sangat rawan longsor jika curah hujan tinggi.

"Kami berharap secepatnya jembatan itu bisa kembali diperbaiki agar perhubungan kedua provinsi berjalan lancar," katanya.

Tokoh Kecamatan Lebak Gedong, Medi (50) mengatakan, sebelum putus jembatan itu mengalami kemiringan 65 derajat. Akibatnya, sering terjadi longsor jika hujan deras.

"Jika hujan deras dengan intensitas tinggi maka warga melakukan imbauan kepada pengemudi kendaraan agar tidak menjadi korban kecelakaan," katanya.

Jalur alternatif

Pantauan di lokasi sejumlah kendaraan yang hendak menuju Citorek-Warung Banten dan perbatasan Sukabumi terpaksa melintasi jalur lain.

Yakni, jalan Kecamatan Cipanas-Muncang-Sobang dengan jarak tempuh cukup jauh akibat jembatan terputus.

"Kami lebih memilih jalur alternatif dengan jarak tempuh cukup jauh karena tidak ada lagi akses lalu lintas," kata Ujang, seorang sopir angkutan yang hendak menuju Citorek Kabupaten Lebak.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/14/13342891/sungai-ciberang-kembali-meluap-jembatan-penghubung-banten-jabar-putus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke