Salin Artikel

"Ada Warga yang Lebih Butuh, Saya Ikhlas Kembalikan BLT Corona"

KOMPAS.com - Siti Chasanah, salah satu warga RT 02 RW 06, Desa Sirau, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengembalikan uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600.000 yang dia terima.

Menurutnya, masih ada warga yang lebih membutuhkan dana itu daripada dirinya.

"Dengan kesadaran dan keikhlasan karena ada warga lain yang lebih membutuhkan, saya menyerahkan kembali kepada pemerintah untuk diserahkan kepada yang lebih berhak," kata Siti.

Seperti diketahui, bantuan BLT tersebut diperuntukkan bagi warga selama tiga bulan ke depan untuk stimulus akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Tak hanya Siti, ada 11 warga di Desa Sirau lainnya yang juga menyerahkan bantuan BLT tersebut.

Sementara itu, menurut Kepala Desa Sirau Mualiful Khasan, warga yang mengembalikan dana BLT tersebut sebetulnya juga tidak dari kalangan mampu.

"Meski mereka tidak mampu-mampu amat, tetapi melihat ada warga sekitarnya yang membutuhkan mereka dengan ikhlas mengembalikan. Namun kalau bisa kami usulkan kepada Bapak Bupati agar pengganti penerima bantuan tersebut juga warga Desa Sirau," kata Khasan.

Apresiasi dari Bupati Banyumas

Bupati Achmad pun mengapresiasi kemurahan hati kedua belas warga Desa Sirau tersebut.

"Ini benar-benar luar biasa, di saat semua dalam kesulitan, ada orang yang sudah tercatat mendapat bantuan dengan sadar dan ikhlas mengembalikan untuk dialihkan untuk orang lain yang membutuhkan," kata Husein.

Dana BLT itu diserahkan kembali secara simbolis oleh warga kepada Bupati Banyumas di Pendapa Sipanji Purwokerto, Banyumas, Rabu (6/5/2020) sore.

(Penulis: Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain | Editor: Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2020/05/07/04000021/-ada-warga-yang-lebih-butuh-saya-ikhlas-kembalikan-blt-corona-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke