Salin Artikel

ASN Kemenag yang Tertular Corona Saat Pelatihan Tenaga Kesehatan Haji Sembuh

MADIUN, KOMPAS.com - Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedono Madiun memulangkan seorang aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kemenag Kota Madiun berinisial AW setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, Senin (4/5/2020).

Pemulangan warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, itu dilakukan setelah hasil uji swab yang terakhir menyatakan negatif Covid-19. 

"Hasil uji swab menunjukkan sudah negatif. Sehingga, pasien ini dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Agung Tri Widodo, Senin (4/5/2020) sore. 

Agung mengatakan, sepekan sebelumnya, istri AW juga dipulangkan setelah dinyatakan sembuh.

Hasil tracing menunjukkan sang istri tertular dari suaminya yang mengikuti pelatihan tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI) di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. 

Istri AW dipulangkan terlebih dahulu lantaran hasil swab menunjukkan negatif.

Sementara, sepekan lalu hasil tes swab sang suami masih menunjukkan positif. 

Agung menyampaikan, dari empat kasus positif Covid-19 di Kabupaten Madiun, saat ini tinggal satu pasien saja.

Pasien nomor 04 tersebut masih menjalani isolasi di RSUD Caruban. 

Bagi pasien yang dinyatakan sembuh tetap diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. 


Untuk persebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Madiun, hingga Senin (4/5/2020), dilaporkan ODR sebanyak 667 orang, ODP sebanyak 296 orang, PDP sebanyak 30 orang, dan positif 4 kasus dengan tiga pasien sembuh. 

AW yang sembuh positif Covid-19 itu mengaku bersyukur setelah hasil uji swab dinyatakan negatif.

Ia merupakan pasien positif Covid-19 klaster pelatihan haji di Asrama Haji Sukolilo. 

"Saya dan istri kemarin dinyatakan positif corona. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh dan saat ini bisa pulang ke rumah," kata AW. 

Diberitakan sebelumnya, DM, warga Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, dipulangkan dari RSUD dr Soedono Madiun ke tempat tinggalnya setelah dinyatakan sembuh dari virus corona, Rabu (22/4/2020).

Istri ASN Kemenag Kota Madiun tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit itu selama dua pekan.

DM tertular Covid-19 dari suaminya yang mengikuti pelatihan tenaga kesehatan haji Indonesia di Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, pertengahan Maret 2020.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/04/21195831/asn-kemenag-yang-tertular-corona-saat-pelatihan-tenaga-kesehatan-haji-sembuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke