Salin Artikel

Berjalan Belasan Kilometer karena Tak Ada Angkutan Umum, Pemudik Pingsan di Minimarket

KOMPAS.com - Seorang pemudik yang diketahui bernama Wahyu Utami (30), warga Kabupaten Pati, Jawa Tengah, ditemukan pingsan di toilet minimarket di kawasan Dumpil, Madiun, Jawa Timur, Kamis (30/4/2020).

Perempuan tersebut pingsan setelah sebelumnya berjalan kaki hingga belasan kilometer karena tak ada angkutan umum untuk ditumpangi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun Muhammad Zahrowi mengatakan, perempuan tersebut diketahui berdomisili di Jombang dan hendak mudik ke kampung halamannya di Pati, Jawa Tengah, untuk mengurus berkas kependudukan.

Namun, niat mudiknya tersebut tak berjalan lancar. Sebab, tak ada angkutan umum yang beroperasi.

Setelah membonceng sepeda motor sampai Kecamatan Majeyan, Kabupaten Madiun, perempuan tersebut diketahui sempat berjalan kaki hingga belasan kilometer sebelum tiba di minimarket di kawasan Dumpil tersebut.

Karena diduga kelelahan, ia jatuh pingsan saat berada di dalam toilet.

Saat mendapat laporan itu, petugas langsung datang dan mengevakuasinya ke rumah sakit.

"Korban langsung kami evakuasi ke RSUD Caruban dengan standar penanganan Covid-19," kata Zahrowi saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, perempuan tersebut sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang. Namun, Zahrowi tidak menjelaskan riwayat penyakit yang dideritanya.

Sementara kasir minimarket, Cicik Tri Wahyuni (20) mengatakan, sebelum ditemukan pingsan, perempuan tersebut awalnya meminta izin untuk menumpang di toilet.

Tapi setelah beberapa saat ditunggu tidak keluar, ia mengaku khawatir.

Takut terjadi sesuatu, ia kemudian meminta tolong kepada polisi di sekitar lokasi.

Tapi setelah pintu toilet digedor tidak ada respons, akhirnya didobrak dan diketahui perempuan tersebut sudah tak sadarkan diri.

"Akhirnya polisi masuk, didobrak pintunya dan menemukan wanita itu dalam kondisi pingsan," kata Cicik.

Penulis : Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi | Editor : Dheri Agriesta

https://regional.kompas.com/read/2020/05/01/05000001/berjalan-belasan-kilometer-karena-tak-ada-angkutan-umum-pemudik-pingsan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke