Salin Artikel

Dompet Dhuafa Bagi Makanan Sahur untuk Tim Medis RS di Jabodetabek

KOMPAS.com – Lembaga Pengembangan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa menginisiasi program Sahur Berkah atau program bagi-bagi makanan sahur untuk tim medis di rumah sakit rujukan penanganan virus corona.

Salah seorang dari tim distribusi Sahur Berkah, Priyanto menjelaskan, cakupan program ini meliputi daerah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

"Kami per pekan sekali untuk pendistribusiannya. Jadi ada empat rumah sakit yang ditargetkan," jelasnya di sela-sela pendistribusian, Selasa (28/4/2020).

Priyanto menjelaskan, dalam setiap pendistribusian, sebanyak 50 paket makanan sahur akan  didistribusikan. Menu yang diberikan pun lengkap sepaket nasi, sayur dan lauk-pauk, serta buah.

“Cukup untuk memenuhi asupan sahur bagi tim medis yang hendak menunaikan puasa,” terang Priyanto seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Adapun, program Sahur Berbagi ini dilatarbelakangi banyaknya pihak yang kesulitan dalam melakukan puasa, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Untuk itu, pembagian makanan ini diberikan kepada tim medis yang menangani Covid-19 dan terus merawat pasien meski waktu sudah menunjukkan pukul 03.00 WIB.

"Rencana selanjutnya akan ada lima rumah sakit yang disasar. RSPI Dr. Sulianti Saroso, RSU Persahabatan, RSUP Fatmawati, RST Dompet Dhuafa dan RS Kartika Pulomas," tutup Priyanto.

Didistribusikan dari Darling

Selain itu, makanan yang didistribusikan merupakan hasil olahan dari tim Dapur Keliling (Darling) Dompet Dhuafa dan mitra pemberdayaan pedagang nasi yang ikut terdampak pandemi Covid-19.

“Jika biasanya Darling menyediakan masakan untuk di satu tempat, sekarang hal tersebut tidak dianjurkan,” lanjut Priyanto.

Sebab, kegiatan Darling dikhawatirkan akan mengundang kerumunan massa dan memperbesar persebaran Corona bila dilakukan di satu tempat.

Hal sama juga berlaku bagi pedagang nasi yang telah mengalami penurunan pendapatan akibat minimnya pembeli.

"Iya terima kasih mas. Semoga berkah selalu ya untuk kebaikan para donatur," ujar salah seorang tim dapur yang sedang berjaga pada dini hari dan sibuk merapikan paket-paket makanan yang diterima.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/30/15041721/dompet-dhuafa-bagi-makanan-sahur-untuk-tim-medis-rs-di-jabodetabek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke