Salin Artikel

Pelabuhan Merak Ditutup Bagi Pemudik, tapi Penumpang Tertentu Masih Bisa Lewat

Pelabuhan Merak hanya melayani angkutan logistik mulai Senin (28/4/2020) kemarin.

Namun demikian, ada sejumlah penumpang yang dikecualikan, mereka masih bisa menyebrang dari Merak ke Bakauheni maupun sebaliknya selama pelarangan mudik. 

"Merak hanya untuk barang logistik, orang tidak boleh, tapi dikecualikan seperti pejabat negara, personel TNI, Polri hingga ambulans," kata Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Banten Nurhadi dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (29/4/2020).

Penumpang biasa bisa lewat, asal...

Selain itu, kata dia, penumpang biasa juga diperbolehkan menyeberang asal mendapat izin dari kepolisian.

Namun izin tersebut juga tidak sembarang diberikan, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi.

"Karena tindakan bersifat humanis persuasif, kalau orang tuanya sakit, meninggal, atau hal urgent lainnya, masih diperbolehkan, tapi gak mudah diimplementasikan di lapangan," kata dia.

Untuk menghindari hal tersebut dijadikan alasan yang dibuat-buat, kata Nurhadi, calon penumpang diminta menyertakan surat keterangan dari RT dan RW mengenai alasan yang bersangkutan harus pulang.

Nantinya, surat tersebut akan diverifikasi oleh polisi di check point, jika lolos verifikasi maka diizinkan untuk naik kapal.

"Seperti kemarin, satu mobil, harus pulang ke Lampung, disertakan surat keterangan dari RT RW, karena alasan tertentu harus pulang, diizinkan, dikawal oleh polisi juga sampai ke loket," kata dia.


Pelabuhan Merak dijaga ketat

Karena itu, kata Nurhadi, penumpang yang coba-coba nekad untuk mudik melalui Pelabuhan Merak, kemungkinan besar tidak berhasil jika tanpa surat izin.

Lantaran, seluruh pintu masuk ke dermaga Pelabuhan Merak dijaga ketat.

Wakapolda Banten, Brigjen Pol Tomex Korniawan mengatakan, sedikitnya 600 personel gabungan dari Polda Banten dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan dan pengamanan.

Kata dia, ada 15 check point yang dilakukan untuk mengantisipasi dan membantu pengguna kendaraan yang akan melintas.

"Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan melintas untuk kembali ke tempat masing-masing sebagaimana anjuran pemerintah," kata Tomex.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/29/19595091/pelabuhan-merak-ditutup-bagi-pemudik-tapi-penumpang-tertentu-masih-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke