Salin Artikel

Hindari Konflik, Ridwan Kamil Usul Penyaluran Bansos oleh Kemenko PMK

Menurut dia, sebaiknya bansos disalurkan hanya oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Hal itu ia sampaikan saat mengikuti Rapat Terbatas bersama Presiden Joko Widodo, para menteri dan sejumlah kepala daerah melalui video conference di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (27/4/2020) kemarin.

"Kalau bisa oleh Kemenko PMK agar semua pintu menjadi satu regulasi, satu cara dan satu waktu. Supaya tidak ada konflik sosial, mudah-mudahan (penyaluran) ini efektif," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam keterangan tertulis yang diterima.

Ia melaporkan, saat ini banyak dinamika di lapangan pada saat penyaluran bantuan.

Hal tersebut membuat masyarakat kebingungan, karena bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah tidak datang bersamaan.

Akibatnya, banyak warga yang justru menyalahkan para perangkat daerah, karena merasa ada kecurangan dan pembagian bansos secara tidak adil.

"Karena banyak kementerian dengan caranya sendiri, sehingga jatuh di masyarakatnya membingungkan. Ada yang kebagian duluan, ada yang telat, bahkan ada yang menyangka tidak akan kebagian. Akhirnya menyalahkan RT/RW hingga demo dan sebagainya," kata Emil.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/28/14035141/hindari-konflik-ridwan-kamil-usul-penyaluran-bansos-oleh-kemenko-pmk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke