Salin Artikel

3 Aktivis FKM Terobos Polda Maluku Sambil Bawa Bendera RMS, Polisi: Mereka Datang untuk Menyerahkan Diri

KOMPAS.com - Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem mengatakan, tiga aktivis Front Kedaulatan Maluku (FKM) yang menerobos masuk ke Polda Maluku dengan membawa bendera benang raja tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) RMS, Sabtu (25/4/2020) sore, untuk menyerahkan diri.

Ketiga aktivis itu yakni, Simon Viktor Taihutu, Abner Litamahuputty dan Janes Pattiasina.

“Mereka datang untuk menyerahkan diri sambil membawa bendera RMS itu,” kata Roem saat dihubungi melalui sambungan telepon kepada Kompas.com.

Dari hasil interogasi yang dilakukan pihaknya, tiga aktivis yang ditangkap itu merupakan pentolan FKM-RMS di Ambon.

Sebelum ditangkap, kata Roem, tiga aktivis ini sempat membuat video propaganda kepada masyarakat Maluku untuk mengibarkan bendera RMS di setiap rumah tepat di hari ulang tahun RMS pada 25 April 2020.

“Mereka mengaku sebagai pimpinan FKM/RMS. Sebelumnya mereka membuat video beberapa hari lalu untuk mengajak masyarakat mengibarkan bendera RMS, dan hari ini mereka mendengar ada yang ditangkap aparat sehingga sebagai wujud tanggung jawab moral kepada warga yang ditangkap, mereka kemudian mendatangi Polda Maluku,” ungkapnya.


Diberitakan sebelumnya, tiga aktivis Front Kedaulatan Maluku (FKM) ditangkap setelah menerobos masuk ke Polda Maluku dengan membawa bendera benang raja tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) RMS, Sabtu (25/4/2020) sore.

Ketiga aktivis yang ditangkap yakni Simon Viktor Taihutu, Abner Litamahuputty dan Janes Pattiasina.

Sebelum ditangkap, ketiga aktivis FKM ini berulang kali meneriakkan Mena Muria yang merupakan slogan perjuangan RMS di halaman Polda Maluku.

Saat itulah petugas Polda Maluku yang tengah berjaga di pos penjagaan langsung menghampiri ketiga aktivis tersebut dan berusaha merebut bendera yang mereka bawa.

“Ketiga aktivis FKM ini tengah menjalani pemeriksaan oleh penyidik Ditkrimsus Polda Maluku,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat melalui sambungan telepon kepada Kompas.com.

 

(Penulis : Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Editor : Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2020/04/26/16055551/3-aktivis-fkm-terobos-polda-maluku-sambil-bawa-bendera-rms-polisi-mereka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke