Salin Artikel

Selesai Jalani 14 Hari Karantina, Pulang ke Rumah Diantar Wali Kota

Sagi dikarantina di Graha Wisata Niaga Solo. Setelah 14 hari, ia dinyatakan sehat dan tak terinfeksi virus corona baru atau Covid-19.

Sagi diantar pulang untuk bertemu keluarga menggunakan mobil pengantar 'lulus karantina sehat' milik Pemerintah Kota Solo.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo juga ikut mengantar Sagi dan warga lain yang telah selesai menjalani masa karantina.

Pria yang bekerja sebagai ABK Carnival Cruise Line itu dikarantina di Graha Wisata Niaga Solo, sejak 11 April 2020. Sagi baru saja kembali dari Amerika Serikat.

"Saya masuk karantina tanggal 11 April 2020, sudah saya jalani 14 hari dan hari ini boleh pulang," kata Sagi saat ditemui di Solo, Minggu (26/4/2020).

Sebelum pulang ke Indonesia, Sagi telah menjalani karantina selama 25 hari di Amerika Serikat. Setelah dinyatakan sehat, Sagi pulang ke Tanah Air menggunakan pesawat sewaan.

Tiba di Jakarta, Sagi mengikuti prosedur kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Setelah dinyatakan sehat, Sagi pulang kampung ke Solo.

"Setelah sampai di Jakarta saya tes kesehatan lagi dan dinyatakan sehat. Saya pulang ke Solo dan ikut karantina lagi di sini (Graha Wisata Niaga)," tutur dia.

Menurut Sagi, fasilitas karantina yang disediakan Pemkot Solo cukup baik. Selama dikarantina, Sagi menyantap makanan yang enak.

"Makanannya baik, cuma kebersihannya kurang, terutama lantai dan kamar mandi," kata dia.

Sagi tak diizinkan bertemu keluarga selama dikarantina. Meski keluarga datang berkunjung, mereka hanya berkomunikasi dari balik pagar lokasi karantina.

Mau tak mau, Sagi memanfaatkan teknologi untuk membayar rindu kepada keluarga.

"Kadang lewat WhatsApp kalau kangen keluarga, kadang keluarga bisa jenguk di sini tapi enggak boleh masuk, hanya lewat pagar saja," kata dia.

Alasan diantar Wali Kota

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo punya alasan kuat mengantar warga yang telah menjalani masa karantina itu. Ia tak ingin warga sekitar mengucilkan masyarakat tersebut.

Sebab, warga yang telah diizinkan pulang dipastikan sehat dan bebas virus corona baru atau Covid-19. Kesehatan mereka dipantau selama karantina.

"Tentunya yang sudah kita pulangkan ini tidak langsung boleh keluar ke mana-mana dulu," kata Rudy.

Hingga saat ini, sebanyak 40 warga telah selesai menjalani karantina di Graha Wisata Niaga Solo.

"Ada sekitar 40 warga yang sudah selesai menjalani karantina selama 14 hari. Mereka tersebar di lima kecamatan," jelas Rudy.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/26/14533561/selesai-jalani-14-hari-karantina-pulang-ke-rumah-diantar-wali-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke