Salin Artikel

Kata Dinkes Jawa Tengah soal Brebes Nihil Kasus Covid-19

Dinas Kesehatan Jawa Tengah menduga ada beberapa faktor yang membuat tidak ada warga Brebes terinfeksi virus tersebut.

"Antara lain mungkin aturan social distancing di sana sudah berhasil, masyarakat setempat memiliki tingkat kedisiplinan mencuci tangan, dan ada upaya-upaya memutus mata rantai virus corona serta masih banyak lagi," Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo dalam siaran video resminya, Kamis (23/4/2020).

Kendati masih nihil kasus positif Covid-19, upaya mitigasi terus digencarkan Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dalam menghadapi bencana nasional nonalam ini.

Selain memantau setiap warganya yang baru mudik secara masif, contact tracing pasien dalam pengawasan (PDP) juga dilancarkan secara ketat.

"Ketika tim medis sudah menetapkan seorang pasien PDP. Maka kami anggap itu pasien positif, artinya agar ada keseriusan dalam melakukan tracing di lapangan dan pemantauan lebih ketat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sartono, kepada Kompas.com, Kamis (16/4/2020).

Berbanding terbalik dengan Brebes yang nihil kasus Covid-19, Kota Semarang jadi daerah di Jawa Tengah dengan jumlah kasus terbanyak.

Hingga pertengahan April 2020, tercatat 125 warga Semarang yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/23/17541571/kata-dinkes-jawa-tengah-soal-brebes-nihil-kasus-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke