Salin Artikel

Nekat Mudik ke Banyumas, Pemudik Akan Dikarantina di GOR Satria

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyiapkan tempat karantina massal bagi pemudik di kompleks GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sejumlah fasilitas di kompleks GOR akan diubah menjadi tempat karantina massal untuk mengantisipasi kedatangan pemudik yang nekat pulang ke kampung halamannya saat Lebaran nanti.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan, untuk menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19) yang lebih luas, Presiden Joko Widodo telah melarang warga mudik ke kampung halaman.

"Tapi tentunya kalau orang Banyumas mudik kan tidak mungkin mengusir, tapi wajib dikarantina di GOR. Jadi ngapain Lebaran mudiknya di GOR Satria? Harapannya menjadi tidak mudik begitu," kata Sadewo saat dihubungi, Kamis (23/4/2020).

Sadewo mengatakan, dua fasilitas yang akan difungsikan sebagai tempat karantina yaitu Gedung Sasana Krida dan lapangan futsal indoor.

Kedua gedung diperkirakan dapat menampung sekitar 800 orang.

"Tempat tersebut akan difungsikan seperti bangsal, namun setiap tempat tidur jaraknya diatur sesuai dengan standar kesehatan," ujar Sadewo.

Sadewo mengatakan, fasilitas karantina massal akan difungsikan secepatnya. Pihaknya telah berkomunikasi dengan kepolisian dan TNI untuk menyediakan velbed atau tempat tidur lipat sebagai tempat tidur sementara.

"Problemnya MCK, di futsal dengan daya tampung 100 orang WC-nya hanya lima. Di Sasana Krida dengan daya tampung 700 orang WC-nya hanya 16," kata Sadewo.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/23/11470451/nekat-mudik-ke-banyumas-pemudik-akan-dikarantina-di-gor-satria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke