Salin Artikel

Sembako Murah di Lumbung Pangan Jatim Bisa Dibeli Secara Online dan Drive Thru

Lumbung Pangan Jatim yang menyediakan sembako murah itu mulai dibuka pada Selasa (21/4/2020) sore.

Selain untuk masyarakat terdampak, Lumbung Pangan Jatim juga disiapkan untuk menjamin ketersediaan bahan pokok jelang Ramadhan 2020.

Apalagi, Pemerintah Provinsi Jatim juga telah mengajukan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo, untuk memutus penyebaran virus corona.

Terdapat tiga cara berbelanja di Lumbung Pangan Jatim, yakni datang lansung ke Jatim Expo, berbelanja secara daring (online), dan via drive thru dengan sistem preorder.

1. Belanja online

Direktur PT Panca Wira Usaha (PWU) Erlangga Satriagung memastikan layanan daring (online) bebas ongkos kirim untuk radius 20 kilometer.

“Untuk pembelian secara online, kita memiliki website Lumbung Pangan Jatim. Hanya dengan pesan belanja di sini, ongkirnya gratis maksimal jarak 20 kilometer,” kata Erlangga seperti dikutip dari Surya.co.id, Senin (20/4/2020).

Masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan Go Shop lewat fitur aplikasi GoJek. Tapi, pembeli tak bisa memanfaatkan layanan bebas ongkos kirim.

2. Layanan Drive Thru

Layanan drive thru dilakukan dengan sistem preorder. Masyarakat bisa memesan bahan pokok yang akan dibeli dan mengatur waktu penjemputan barang.

Penjual akan menyiapkan pesanan tersebut dan mengantarkannya saat pembeli tiba di lokasi.

Sehingga, pembeli tak perlu turun dari kendaraan.

Lumbung Pangan Jatim menyiapkan call center dan customer service untuk mendukung layanan preorder ini.

3. Transaksi langsung

Masyarakat juga bisa berbelanja langsung ke Lumbung Pangan Jatim di Jatim Expo.

Erlangga meminta masyarakat tak khawatir untuk berbelanja langsung ke Jatim Expo. Penerapan menjaga jarak diterapkan secara ketat di sana.

“Jaga jarak adalah prioritas. Yang beli dan yang jual kita sediakan masker. Antrean juga kita atur agar tidak berdekatan dan tetap ada dalam jarak dua meter,” kata dia.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mempersilakan masyarakat yang ingin berbelanja langsung untuk datang sesuai jam operasional.

“Tapi ada batasan seperti gula hanya dibatasi maksimal dua kilogram. Lalu tetap harus menerapkan physical distancing,” kata Khofifah.

4. Harga lebih murah

Sementara itu, Erlangga Satriagung memastikan harga bahan pokok yang dijual di Lumbung Pangan Jatim lebih murah dari harga pasar.

Erlangga mencontohkan harga beras yang dijual di Lumbung Pangan Jatim. Selisih harga beras kualitas medium dan premium mencapai Rp 500 dibandingkan harga pasar.

“Juga untuk gula. Jika di pasar harga gula per kilogramnya sekarang adalah Rp 18.500 di Lumbung Pangan Jatim ini kita lepas dengan harga Rp 12.500 per kilogramnya,” kata Erlangga.

Lumbung Pangan Jatim juga menjual minyak goreng. Selisih harga yang dijual di sana dengan pasar mencapai Rp 700.

Sementara untuk telur ayam, Lumbung Pangan Jatim memasang harga sekitar Rp 21.500 per kilogram.

Selisih harga telur ayam dengan pasar mencapai Rp 3.500.

Erlangga mengatakan, harga ikan patin fillet dan beberapa jenis ikan lain juga dipasang dengan harga murah. Selisih harga bisa mencapai Rp 9.000 dari pasaran.

Contohnya, harga ikan fillet dori yang dipasang dengan harga Rp 35.000 per kilogram.

Tidak hanya itu Lumbung Pangan Jatim juga menyediakan ayam beku dengan harga Rp 26.000 per kilogram.

5. Jamin ketersediaan bahan pokok

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, program ini dibuat untuk menjamin ketersediaan bahan pokok menjelang Ramadhan. Sehingga, warga Jawa Timur tak panik di tengah pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Sebab, normalnya operasi pasar selalu dilakukan jelang Ramadhan.

“Dalam suasana seperti ini sudah agak susah menggelar Operasi Pasar, apalagi untuk jaga jarak di tengah Operasi Pasar. Maka Lumbung Pangan Jatim ini menjadi solusi," katanya.

Selain itu Lumbung Pangan Jatim ini juga disiapkan untuk persiapan PSBB. Oleh sebab itu ada hitungan gratis ongkir dalam jarak 20 kilometer.

Jarak itu, kata Khofifah, mencakup kawasan Surabaya, sebagian wilayah Gresik, dan sebagian wilayah Sidoarjo, yang diusulkan dalam penerapan PSBB.

Khofifah mengatakan, sistem preorder dan drive thru itu merupakan inovasi terbaru.

"Ini saya rasa pertama lho di Indonesia,” kata Khofifah.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Cara Beli Sembako di Lumbung Pangan Jatim via Online Bebas Ongkir & Drive Thru serta Daftar Harganya 

https://regional.kompas.com/read/2020/04/21/12022631/sembako-murah-di-lumbung-pangan-jatim-bisa-dibeli-secara-online-dan-drive

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke