Salin Artikel

Ridwan Kamil: Pabrik Masker Standar WHO di Jabar Bisa Produksi 1 Juta Unit Per Hari

Dalam kunjungannya, ia meminta perusahaan untuk meningkatkan jumlah produksi masker bedah sebanyak satu juta masker per hari.

Saat ini, pihak perusahaan sudah mampu membuat 250.000 masker bedah per hari.

"BERITA GEMBIRA, Alhamdulillah, Jawa Barat sebagai tuan rumah dari 60 % industri se-Indonesia, bisa dan mampu memproduksi masker bedah sendiri secara masif. Ini industri masker bedah kualitas ekspor standar WHO berlokasi di Kab Bogor. Saya dan Bupati Bogor @ademunawarohyasin meminta produksi dinaikkan minimal 1 juta masker per hari di akhir bulan ini," tulis Ridwan dalam Instagram pribadinya, Kamis (16/4/2020).

Ia berharap peningkatan jumlah produksi masker itu bisa memenuhi kebutuhan para tenaga medis yang tengah berjuang melawan pandemi Covid-19 sekaligus menekan harga APD yang kian melambung.

"Agar berlimpah melawan penimbun dan agar harga jadi murah( No mahal-mahal club). Dan mereka menyanggupi dengan segera membeli mesin-mesin baru. Jika Kab Bogor cukup, lanjut jawa barat cukup, lanjut kirim ke provinsi lain se Indonesia agar cukup, baru setelah itu baru boleh ekspor menolong negara lain," tutur Emil, sapaan akrabnya.

"Di pabrik ini tadi dilaporkan memproduksi masker bedah sehari 250.000 dan itu sudah habis dipesan oleh institusi kenegaraan, termasuk pemerintah daerah. Janjinya, akhir April dinaikkan satu juta pieces produksi dan mungkin nanti dua juta. Maka, hal ini menenangkan, membuat rasa tenang bahwa kebutuhan ini bisa dipenuhi oleh swasembada sendiri," paparnya.

Emil memastikan, Pemprov Jabar akan terus berupaya mengirimkan masker N95 sesuai kebutuhan di tengah keterbatasan.

"Yang pasti Jawa Barat setiap hari mengirim N95 juga, sesuai pengajuan lewat aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar). Itu memang khusus untuk mereka-mereka yang menangani langsung ke pasien," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2020/04/16/08565441/ridwan-kamil-pabrik-masker-standar-who-di-jabar-bisa-produksi-1-juta-unit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke