Salin Artikel

Prihatin Corona, Peternak Lebah Madu di Tegal Bagikan Minuman Herbal Racikan Sendiri

TEGAL, KOMPAS.com - Prihatin jumlah korban virus corona (Covid-19) terus bertambah, seorang warga di Kota Tegal Jawa Tengah membagikan minuman herbal plus madu yang diambil sendiri dari peternakan lebah madunya.

Adalah Tedjo Asmoro, warga Kelurahan Kalinyamat Kulon, Kecamatan Margadana, Kota Tegal yang menggelar aksi nyata dengan menghentikan pengendara sepeda motor yang melintas di depan rumahnya, untuk sekadar menyuguhkan minum herbal hangat berbahan jahe, sereh, dan madu, Selasa (14/4/2020).

Satu per satu warga yang menggunakan sepeda motor, oleh peternak madu lebah ini dihentikan dan disuguhkan minumal herbal yang ia racik sendiri.

Tak hanya memberikan minuman, Tedjo yang juga dikenal sebagai pawang lebah dan ahli terapi lebah ini juga membagikan masker secara gratis kepada warga yang tak mengenakan masker.

"Salah satu upaya agar tidak terkena virus corona adalah dengan menjaga imunitas tubuh. Ini bisa didapat dengan mengonsumsi jahe, sereh, dan madu," kata Tedjo, ditemui di sela-sela membagikan minuman herbal dan masker di depan rumahnya.

Karena itu, ia mengaku ingin membantu memerangi virus corona (Covid-19) meski dengan cara yang sederhana.

Jahe sendiri mengandung banyak senyawa bioaktif dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Jahe mengandung gingerol dan cukup kuat untuk mengatasi penyakit. Jahe juga mengandung magnesium, vitamin C, vitamin B6, tembaga, fosfor, besi, dan kalsium.

"Dengan kandungam fosfor, kalsium dan besi pada jahe serta tambahan madu lokal mampu meningkatkan imunitas tubuh. Secara empiris, jahe, sereh dan madu mampu meningkatkan daya imunitas tubuh hingga level tinggi," ujar Tedjo.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/14/21292311/prihatin-corona-peternak-lebah-madu-di-tegal-bagikan-minuman-herbal-racikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke