Salin Artikel

Calon Perwira Polisi Asal Sumbar yang Positif Corona Jadi 2 Orang

Satu orang lagi yang terdeteksi positif Covid-19 setelah hasil tes swab tenggorokan dan hidungnya dikeluarkan Laboratorium Kedokteran Universitas Andalas, Senin (13/4/2020).

"Ada penambahan satu pasien lagi sehingga total hari ini sudah 45 warga Sumbar yang positif Covid-19," kata Juru bicara gugus tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin.

Jasman mengatakan, satu warga Sumbar yang positif tersebut sudah diisolasi di Rumah Sakit Bhayangkara Padang.

Menurut Jasman, yang bersangkutan menunjukkan orang tanpa gejala (OTG), namun berdasarkan hasil tes swab ternyata positif Covid-19.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto membenarkan satu calon perwira asal Sumbar kembali dinyatakan positif Covid-19.

"Betul tambah satu orang lagi dan sekarang diisolasi di RS Bhayangkara Padang," kata Stefanus.

Menurut Stefanus, satu orang calon perwira tersebut merupakan bagian dari 26 siswa Setukpa Polri yang baru pulang cuti dari Sukabumi pada 30 Maret 2020 lalu.

Setelah pulang, mereka dikarantina di Sekolah Polisi Negara (SPN) Padang Besi, Padang selama 14 hari.

"Sebelum pulang mereka dilakukan rapid test dan ternyata ada yang positif, dan dilakukan tes swab. Kemarin ada satu dan sekarang tambah satu. Total ada dua," jelas Stefanus.

Sementara itu, 24 orang siswa lainnya sudah menjalani tes swab dan hasilnya negatif sehingga sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya.

"Dua puluh empat orang lainnya sudah pulang setelah jalani tes swab. Mereka negatif semua," kata Stefanus.

Sebelumnya diberitakan, seorang siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polisi Indonesia asal Sumatera Barat dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Calon perwira tersebut sebelumnya dikarantina selama 14 hari dengan 25 rekannya sepulang dari Sukabumi pada 30 Maret 2020 lalu di Sekolah Polisi Negara (SPN) Padang Besi, Padang.

Setelah masa karantina selesai, 26 calon perwira itu dilakukan rapid test dan ditemukan satu positif.

Kemudian dilakukan tes swab yang hasilnya keluar hari Sabtu (11/4/2020) ini dan dinyatakan positif.

"Pasien ke-19 adalah hasil penyaringan. Awalnya dilakukan tes cepat kemudian ditemukan positif, lalu diuji swab dan ternyata positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani kepada wartawan, Sabtu.

Menurut Feri Mulyani, saat ini yang bersangkutan kondisinya sehat dan diisolasi di Rumah Sakit Bhayangkara Padang.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto yang dihubungi Kompas.com secara terpisah membenarkan satu siswa Setukpa asal Sumbar tersebut positif Covid-19.

"Betul, ada satu siswa Setukpa asal Sumbar yang positif terjangkit Covid-19," kata Stefanus.

Stefanus menjelaskan bahwa sebelumnya ada 26 siswa Setukpa asal Sumbar yang pulang cuti pendidikan dari Sukabumi pada 30 Maret lalu.

"Sesuai dengan prosedur, mereka dikarantina selama 14 hari di SPN Padang Besi. Setelah selesai masa karantina, siswa tersebut sebelum pulang ke rumah dilakukan rapid test," jelas Stefanus.

Salah satu siswa, kata Stefanus, ternyata positif dan kemudian dilakukan tes swab dan ternyata positif.

"Dia sebenarnya tanpa gejala. Namun tetap kita lakukan isolasi di RS Bhayangkara Padang," jelas Stefanus.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/13/17205171/calon-perwira-polisi-asal-sumbar-yang-positif-corona-jadi-2-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke