Salin Artikel

Awal Mula Penangkapan 6 Orang Penyuplai Bahan Makanan dan Amunisi untuk KKB

Mereka diamankan lantaran hendak membawa bahan makanan untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Hengky Wamang.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, penangkapan berawal saat aparat gabungan melakukan razia di perempatan Jalan Kuala Kencana-Mayon atau perempatan Polsek Kuala Kencana.

Razia yang digelar dengan sasaran senjata tajam dan barang berbahaya lainnya itu dalam rangka menciptakan situasi keamanan di Kabupaten Mimika tetap kondusif.

Namun, saat razia berlangsung, polisi mencurigai sebuah kendaraan yang berpenumpang enam orang dengan mengangkut bahan makanan tujuaan Distrik Iwaka.

Dari hasil interogasi awal di Polsek Kuala Kencana, dicurigai bahan makanan yang dibawa tersebut akan disalurkan kepada KKB.

"Oleh karena itu, keenam orang tersebut dibawa ke polres untuk dimintai keterangan," kata Era, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/4/2020).

Berdasarkan hasil interogasi polisi, diketahui Hengky Wamang telah meminta saudara perempuannya untuk membeli bahan makanan di pasar lama Jalan Bhayangkara Timika.

Bahan makanan itu kemudian nantinya diantar ke sebuah jembatan di sekitar tempat galian C, dan akan diambil pasukan utusan Hengky Wamang.


Menurut Era, dari keterangan salah satu yang diamankan, apa yang dilakukan ini bukan kali pertama.

Tak hanya bahan makanan, amunisi juga pernah diantar ke kelompok Hengky Wamang pada tahun 2016-2017. 

Hengky Wamang diketahui sebagai salah satu pimpinan KKB wilayah kali kopi, Mimika, selain Joni Botak.

Era menambahkan, dari hasil penyelidikan, pihaknya juga sudah mengantongi sejumlah nama yang mendukung kegiatan KKB di wilayah Mimika, baik dengan menyuplai bahan makanan, uang, ataupun amunisi.

(Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra | Editor Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2020/04/09/07461121/awal-mula-penangkapan-6-orang-penyuplai-bahan-makanan-dan-amunisi-untuk-kkb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke