Salin Artikel

Banjir di Gresik Meluas, Sejumlah Desa di 2 Kecamatan Ikut Terendam

Air tidak hanya menggenangi desa-desa di Kecamatan Balongpanggang, tapi juga merendam sebagian wilayah Kecamatan Benjeng.

Jika sebelumnya ada empat desa di Kecamatan Balongpanggang yang terendam, maka terbaru rumah dan akses jalan di Desa Sedapurklagen di Kecamatan Benjeng juga ikut terendam.

"Untuk Kecamatan Benjeng hingga sore tadi, data yang masuk (kebanjiran) baru Desa Sedapurklagen dan Deliksumber," ujar kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito saat dikonfirmasi, Rabu (8/4/2020).

Luapan Kali Lamong di Desa Sedapurklagen tidak hanya membuat 15 rumah milik warga terendam, tapi juga menggenangi jalan poros desa sepanjang 200 meter dengan ketinggian 20-50 sentimeter.

Sementara jalan lingkungan tergenang air dengan ketinggian 10-20 sentimeter sepanjang 800 meter.

Untuk genangan di Desa Deliksumber masih dilakukan pendataan.

"Benar sudah masuk Benjeng, ini masih terus kami lakukan pendataan. Sementara yang sudah pasti Desa Sedapurklagen," kata Camat Benjeng Suryo Wibowo.

Sebelumnya, empat desa di Kecamatan Balongpanggang sudah lebih dulu terendam air luapan Kali Lamong, yakni, Desa Banjaragung, Wotansari, Sekarputih, dan Pucung.

Ada kemungkinan bakal ada desa lain yang terendam jika hujan dengan intensitas lebat kembali mengguyur wilayah itu.

"Semoga saja tidak turun hujan lebat lagi, sebab kalau hujan lebat lagi ada kemungkinan desa yang kebanjiran bertambah," tutur Camat Balongpanggang, M Jusuf Ansyori.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/08/22580031/banjir-di-gresik-meluas-sejumlah-desa-di-2-kecamatan-ikut-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke