Salin Artikel

Perawat PDP di Tuban Meninggal, 13 Orang yang Ikut Pelatihan Haji di Surabaya Jalani Rapid Test

Pasien berusia 54 tahun adalah seorang perawat yang pernah mengikuti pelatihan tim kesehatan haji Indonesia di asrama haji di Surabaya pada Maret 2020 lalu.

"Iya betul pernah mengikuti pelatihan TKHI, klaster Sukolilo (salah satu kecamatan di Surabaya, red)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo dilansir dari Surya.co.id.

Bambang mengatakan setelah pulang dari Surabaya, pasien tersebut sakit dengan gejala mirip corona. Ia kemudian diisolasi di RSUD Dr Koesma Tuban dengan status PDP.

Sebelum meninggal, pasien sempat dirawat selama 5 hari di ruang isolasi.

Pasien sempat menjalani rapid test dan hasilnya dinyatakan positif. Namun pihak rumah sakit masih menunggu hasil swab yang telah dikirimkan ke Balitbang Kesehatan untuk memastikan kesehatan pasien tersebut.

"Setelah dari Surabaya baru diketahui kondisinya hingga ditetapkan sebagai PDP. Kita masih tunggu hasil Swab untuk pastinya, kalau rapid memang positif. Pemakaman dilakukan menggunakan SOP penanganan pasien covid-19, sebagaimana protokol yang ditetapkan," jelasnya.

Mereka kemudian mengikuti rapid test karena pelatihan tersebut adalah klaster terbesar Covid-19 di Jawa Timur.

Hasilnya adalah dua dari tujuh petugas kesehatan dinyatakan positif berdasarkan rapid test.

Sedangkan enam lainnya adalah petugas dari kantor Kementerian Agama Tuban, hasil rapid tes negatif.

"Yang ikut pelatihan haji 2 positif berdasarkan rapid tes, tapi tinggalsatu PDP karena yang satu sudah meninggal," kata dia.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Tuban, Umi Kulsum mengatakan semua petugas dalam kondisi sehat sudah di rumah masing-masing.

Mereka berada di bawah pantauan gugus yang ada di desa dan kecamatan setempat.

"Alhamdulillah semua sehat, dan ini hari ke 22 setelah kepulangan dari diklat. Semoga badai covid-19 ini segera berakhir," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Satu PDP Covid -19 di Tuban Meninggal, Dinkes : 13 Orang Ikuti Pelatihan Kesehatan Haji di Surabaya

https://regional.kompas.com/read/2020/04/07/16460051/perawat-pdp-di-tuban-meninggal-13-orang-yang-ikut-pelatihan-haji-di-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke