Salin Artikel

Seorang Ibu Hamil Berstatus ODP Covid-19 Meninggal Saat Hendak Melahirkan

KUPANG, KOMPAS.com - Seorang ibu hamil asal Desa Baumata Utara, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19, meninggal saat hendak melahirkan di Rumah Sakit Umum Leona Kupang.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Marius Ardu Jelamu, mengatakan, pasien itu meninggal pada Rabu (1/4/2020) sore, sekitar pukul 17.00 Wita.

"Dia meninggal bukan karena positif corona. Sampel darahnya masih di kirim ke Jakarta untuk diperiksa," ungkap Marius, kepada sejumlah wartawan di Kupang, Kamis (2/4/2020) siang.

Marius menuturkan, pasien itu statusnya ODP Covid-19, setelah melaksanakan perjalanan dari Bali yang merupakan daerah yang telah terjangkit Covid-19, menuju Kupang pada 28 Maret 2020 lalu.

Saat tiba di Kupang, lanjut dia, pasien tersebut kemudian memeriksa kehamilannya di Puskesmas Baumata pada 1 April 2020 kemarin.

Rencananya, pasien itu akan melahirkan anak keduanya.

Namun, saat tiba di puskesmas, petugas medis pun memeriksanya dan ternyata sang pasien mengalami deman tinggi, dengan suhu badan 40 derajat dengan HB 6.

Pihak puskemas lalu merujuk pasien ke RSU Leona.


Ketika tiba di RSU Leona, pasien itu pun mengalami kejang-kejang dan mulut keluar busa.

Tak berselang lama, pasien akhirnya meninggal.

Jenazah pasien, kemudian dibawa ke rumah duka di Baumata Utara menggunakan ambulans rumah sakit.

Sekitar Pukul 19.05 Wita, almarhum dimakamkan di Desa Baumata Utara.

Marius mengimbau kepada masyarakat, agar jangan resah dengan informasi yang beredar, yang menyebutkan kalau pasien itu positif terjangkit corona.

"Sampelnya masih dikirim ke Jakarta, sehingga kami minta masyarakat tetap tenang," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/02/14081161/seorang-ibu-hamil-berstatus-odp-covid-19-meninggal-saat-hendak-melahirkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke