Salin Artikel

Relawan 69 Distribusikan APD dari Hasil Penjualan Buku Online

Relawan 69 dari lintas profesi ini menggalang dana untuk membantu menghentikan virus corona atau Covid-19 di seluruh Indonesia.

Septi perwakilan Relawan 69 mengatakan, sejauh ini telah didistribusikan lebih dari 2.000 hand sanitizer dan masker ke berbagai pengadilan dan komunitas warga di berbagai daerah.

“Kami terus menggalang dana untuk kemudian mendistribusikan bantuan kepada warga pengadilan dan juga komunitas yang menjadi jejaring di seluruh Indonesia," ujar Septi dalam keterangan tertulis, Rabu (1/4/2020).

Septi yang berprofesi sebagai hakim menjelaskan bahwa edisi perdana buku Catatan di Balik Toga Merah yang ditulis DY Witanto telah terjual 1.000 eksemplar dan tengah dicetak ulang.

Kini, hasil buku tersebut telah dikonversikan untuk membeli ribuan masker dan hand sanitizer.

Sementara itu, donasi buku online yang digalang melalui bookforhelp.site telah menghasilkan dana untuk 100 alat pelindung diri (APD) untuk tim medis.

"Adapun 1.000 eksemplar cetak lagi untuk tahap dua," ucap Septi.

Ia menyebut, distribusi mulai dari Aceh, Jawa hingga ke Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan jumlah yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Tak hanya itu, menurut Septi, Relawan 69 yang terdiri dari berbagai kalangan profesi ini juga tengah memesan ratusan APD untuk didistribusikan di beberapa wilayah yang membutuhkan.

“APD juga sudah dipesan dan mudah-mudahan minggu ini selesai dan bisa segera kita distribusikan,” kata dia.

Adapun, Relawan 69 terdiri dri berbagai kalangan mulai dari hakim, jaksa, akademisi, jurnalis dan pekerja profesional yang telah bekerja bersama sejak gempa di Lombok, NTB, beberapa waktu lalu.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/01/23210641/relawan-69-distribusikan-apd-dari-hasil-penjualan-buku-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke