Salin Artikel

3 Karyawan Freeport yang Ditembak KKB Baru Selesai Rapat Bahas Covid-19

TIMIKA, KOMPAS.com - Tiga karyawan PT Freeport Indonesia menjadi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kuala Kencana, Mimika, Papua, pada Senin (30/3/2020) kemarin.

Ketiganya diketahui baru saja mengikuti rapat membahas pencegahan penyebaran virus corona baru atau Covid-19 untuk wilayah operasional Freeport di Kuala Kencana.

Vice President Security and Risk Management (VP SRM) PTFI, Arief Nasuha mengatakan, rapat tersebut diikuti seluruh pimpinan di area dataran rendah, termasuk tiga orang yang menjadi korban.

“Rapat hanya membahas Covid-19, tidak ada yang lain. Setelah rapat dan hendak meninggalkan OB 1, ketiganya tertembak oleh KKB,” kata Arief, kepada wartawan di Kuala Kencana, Selasa (31/3/2020).

Sebelumnya, pada Senin siang sekitar pukul 13.50 WIT, KKB pimpinan Joni Botak menembak tiga karyawan di area perkantoran PT Freeport Indonesia di wilayah dataran rendah, Kuala Kencana.

Joni Botak diketahui sebagai pimpinan KKB wilayah Kali Kopi di Mimika.

Dalam peristiwa itu, seorang karyawan Freeport yang merupakan warga negara asing (WNA) asal New Zeland bernama Graeme Thomas Weal (57) meninggal dunia.

Sedangkan dua karyawan lainnya bernama Jibril MA Bahar (49) dan Ucok Simanungkalit (57) terluka.

Jibril mengalami luka tembak pada perut bagian kanan dan paha kanan.

Sedangkan Ucok mengalami luka tembak di siku kanan dan punggung belakang.

Kedua korban kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Tembagapura di mile 68.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/31/19541311/3-karyawan-freeport-yang-ditembak-kkb-baru-selesai-rapat-bahas-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke