Salin Artikel

Pemkab Tasikmalaya Diminta Lebih Informatif kepada Warga soal Covid-19

Selama ini, Pemkab yang memiliki 39 kecamatan itu dinilai paling minim dalam memberikan informasi terkait data update potensi penyebaran Covid-19.

Menurut Yod yang juga anggota Dewan dari Tasikmalaya, hal itu diketahui berdasarkan informasi dari warga dan pengalaman dia sendiri.

"Terutama Dinas Kesehatan, saya pernah minta langsung data ke kepalanya, sampai sekarang belum dikasih," kata anggota Komisi V DPRD Jawa Barat tersebut kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Padahal, menurut Yod, data yang dia minta tersebut nantinya akan menjadi acuan kondisional Pemkab Tasikmalaya untuk mendapatkan bantuan dana darurat dari Pemprov Jabar.

Namun, menurut Yod, pihak eksekutif Pemkab Tasikmalaya malah terlihat tidak serius.

"Ini aneh juga, kenapa respons Pemkab Tasikmalaya begitu lamban dan berbeda dengan wilayah Kota Tasikmalaya yang terlihat begitu aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ini ada apa sebenarnya," kata Yod.

Yod menilai, selama ini belum terlihat gerakan masif penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut dia, selama ini justru yang paling sibuk di tataran bawah seperti kecamatan dan desa.

Mereka terlihat aktif turun langsung ke lapangan, tanpa ada instruksi langsung dari pimpinan Kabupaten.

"Sekarang kan jadi terkesan yang sibuk pejabat di bawah seperti kecamatan dan desa. Mereka pro aktif ikut waspada dan gencar sosialisasi masyarakat tanpa ada instruksi sebelumnya dari bupatinya. Jangan sampai menunggu lagi korban jiwa akibat corona, baru bergerak, lucu itu," kata Yod.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/27/13434281/pemkab-tasikmalaya-diminta-lebih-informatif-kepada-warga-soal-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke