Salin Artikel

Warga Dusun Ini Patungan untuk Buat Sendiri Bilik Sterilisasi Seharga Rp 18 Juta

Warga mulai dari konsumsi makanan sehat, rajin cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, hingga membuat bilik sterilisasi.

Seperti yang dilakukan warga Dusun Tompogunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Dengan dana swadaya, mereka membangun dua bilik sterilisasi di Lapangan Tompogunung yang merupakan pintu masuk ke daerah tersebut.

Seorang warga, Putut Asrori mengatakan pembangunan bilik tersebut dimulai Rabu (25/3/2020).

Setelah selesai pada Kamis (26/3/2020), langsung digunakan untuk mensterilkan warga yang lewat.

"Pembangunannya menggunakan dana swadaya sekitar Rp 18 juta. Selain untuk membangun bilik, juga membeli kipas angin uap sebagai alat utama untuk menyemprotkan disinfektan ke tubuh," jelasnya, Jumat (27/3/2020).

Selain membangun bilik tersebut, warga juga membuat portal. Tujuannya, jika ada yang lewat akan berhenti dan langsung diarahkan ke bilik sterilisasi.

"Kami tidak pandang bulu, mau warga asli, pendatang, atau hanya sekadar lewat, semua harus masuk bilik. Ini demi keamanan dan kesehatan agar terhindar dari corona," paparnya.


Putut mengungkapkan, 'jam kerja' bilik tersebut mulai pukul 06.00 hingga 22.30 WIB.

Saat jam berangkat dan pulang kerja, maka kedua bilik diaktifkan. Sementara saat sepi atau siang hari, hanya satu bilik yang digunakan.

"Kapasitas penampungan sebanyak 25 liter air bersih yang selanjutnya dicampur disinfektan. Ini aman untuk manusia. Dengan kapasitas tersebut, satu penampungan sanggup terus menyemprot hingga tujuh jam," paparnya.

Sementara Kepala Desa Kalongan Yarmuji mengungkapkan, salah satu alasan pembangunan bilik tersebut karena banyak warganya yang bekerja di luar daerah.

"Komunitas Anak Rantau ini lalu berkomunikasi untuk mewujudkan bilik sterilisasi ini. Karena di desa tidak ada anggaran, akhirnya warga swadaya," ungkapnya.

Salah seorang sopir yang lewat di Dusun Tompogunung, Saefudin menyatakan sangat berterima kasih dengan adanya bilik sterilisasi.

"Kerjaan saya kan di jalan, rawan juga. Jadi dengan adanya sterilisasi ini bisa merasa aman," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/27/12100781/warga-dusun-ini-patungan-untuk-buat-sendiri-bilik-sterilisasi-seharga-rp-18

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke