Salin Artikel

KPU Solo Tunda Pelantikan Anggota PPS karena KLB Corona

Rencananya anggota PPS tersebut dilantik pada Minggu (22/3/2020), tapi karena status kejadian luar biasa (KLB) virus corona di Solo, maka pelantikan akan dilaksanakan, Selasa (31/3/2020).

"Pelantikan anggota PPS kita tunda karena KLB virus corona. Ini hanya seremonialnya saja yang ditunda. Tapi penetapannya tetap tanggal 22 Maret 2020," kata Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Nurul mengatakan telah berkoordinasi dengan KPU RI terkait penundaan pelantikan anggota PPS itu.

Dia menyebutkan ada 162 anggota PPS yang dilantik pada Selasa pekan depan. Mereka tersebar di 54 kelurahan di Solo.

Setelah dilantik, para anggota PPS tersebut akan membantu proses verifikasi faktual dukungan terhadap calon perseorangan yang dilakukan oleh KPU Kota Solo.

"Setiap kelurahan nanti ada tiga orang anggota PPS," terang dia.

Dengan berbagai pertimbangan karena masih ada virus corona, pelantikan anggota PPS tersebut tidak akan dipusatkan dalam satu tempat. Tetapi dilaksanakan di setiap kecamatan.

"Model pelantikannya per kecamatan. Kecuali Kecamatan Pasar Kliwon dan Serengan. Karena melihat kondisinya masih seperti ini," ungkapnya.

Meski di tengah mewabahnya virus corona, terang Nurul, tahapan Pilkada Serentak 2020 masih berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU RI dan belum ada perubahan.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/20/23292551/kpu-solo-tunda-pelantikan-anggota-pps-karena-klb-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke