Salin Artikel

Gubernur Sulsel Sebut Peserta Ijtima Dunia 2020 Keliling ke Masjid-masjid

MAKASSAR, KOMPAS.com – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengungkapkan, 8.000-an peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia dari berbagai daerah di Indonesia dan 478 warga negara asing (WNA) dari 48 negara melakukan kunjungan ke masjid-masjid. 

“Sudah ada 8.000 an orang peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Azia dan diantaranya 478 WNA dari 48 negara. Itu menurut laporan yang kami terima, sebagai besar sudah berada di Indonesia dan berkeliling ke mesjid-mesjid,” ungkap Nurdin, Rabu (18/3/2020) malam.

Nurdin bersama Bupati Gowa dan Forkopimda bernegosiasi dengan panitia Ijtima Dunia 2020 Zona Asia agar ditunda.

Diharapkan juga, peserta yang telah tiba di Kabupaten Gowa agar segera kembali ke daerah masing-masing, termasuk 478 WNA kembali ke negara asalnya.

“Acara itu tidak ada izin, kita minta acaranya ditunda. Diharapkan semua peserta kembali ke daerah masing-masing dan termasuk 478 WNA kembali ke negara asalnya,” tuturnya.   

Nurdin menjelaskan, jauh hari sebelumnya pihaknya telah meminta kepada panitia agar acara ditunda.

Akan tetapi, panitia Ijtima Dunia 2020 Zona Asia tetap nekat menggelarnya di Pakkatto, Kabupaten Gowa.

 “Sebenarnya ini panitianya ini saya tidak mengerti, kita sudah sampaikan jauh hari sebelumnya. Setelah mulai peristiwa Wuhan itu, kita minta pertemuan itu ditunda. Bahkan Bupati Gowa sendiri menolak kegiatan itu dilaksanakan di Gowa,” tutur Nurdin.

Dengan pertimbangan demi kebaikan banyak orang, lanjut Nurdin, pihaknya bersama Forkopimda Sulsel di antaranya Kapolda Sulsel dan Pangdam XIV Hasanuddin memutuskan kegiatan itu ditiadakan.

Bahkan beberapa kegiatan nasional maupun internasional di Sulsel semuanya ditunda.

“Kemarin kita kaget dengan mereka mulai berdatangan. Nah, oleh karena itu, inisiatif Kapolda, agar orang ini tidak kemana-mana. Kita jemput di pelabuhan, kita arahkan agar terkontrol semua. Jadi kita antar sampai ke tempat markas mereka. Sekarang kita ada tim kesehatan di sana,” jelasnya.

Diketahui, Ijtima Dunia 2020 Zona Asia akan dilaksanakan 20-22 Maret 2020 di Pakkatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Selain 8.000-an orang dari berbagai daerah di Indonesia, ratusan peserta dari 48 negara juga akan hadir.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/19/05454531/gubernur-sulsel-sebut-peserta-ijtima-dunia-2020-keliling-ke-masjid-masjid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke