Salin Artikel

Labkesda Jabar Tak Masuk Jejaring Lab Tes Corona, Ridwan Kamil Telepon Menkes

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, persoalan tersebut hanya masalah administrasi yang bisa diselesaikan dalam beberapa hari.

"Saya sudah lapor tadi telepon Pak Menkes, itu hanya masalah administrasi yang hari ini sedang diselesaikan. Jadi jawabannya dalam hitungan sehari dua hari masalah rujukan ini karena mungkin informasinya belum lengkap saya kira tak perlu dipermasalahkan," ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (18/3/2020).

Menurut Emil, fasilitas Labkesda Jabar sudah sesuai standar sehingga hasil pemeriksaan tiap pasien bisa menjadi pedoman pemerintah.

"Hasilnya sangat ilmiah dan menjadi pedoman bagi kita untuk menindaklanjuti. Jadi nanti saya kabari kalau daftar itu sudah direvisi," ungkapnya.

12 jejaring lab tes corona

Seperti diberitakan, Kementerian Kesehatan menetapkan 12 jejaring laboratorium pemeriksaan Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19) yang tersebar di sejumlah daerah Indonesia.

Penetapan jejaring laboratorium itu diteken Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrantro, Senin (16/3/2020).

Melalui keputusan ini, pemeriksaan spesimen virus corona tidak lagi hanya bisa dilakukan di Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangkan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan.

Laboratorium Balitbangkes Kemenkes kini berstatus sebagai laboratorium rujukan nasional pemeriksaan Covid-19. Sementara, 12 laboratorium lainnya berstatus laboratorium pemeriksa Covid-19.

Keputusan Menkes menyatakan, pemeriksaan spesimen Covid-19 di laboratorium rujukan dan laboratorium pemeriksa tidak dikenakan biaya.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/18/19330091/labkesda-jabar-tak-masuk-jejaring-lab-tes-corona-ridwan-kamil-telepon-menkes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke