Salin Artikel

Bawa Pasien PDP Corona, Pesawat Cathay Pasific Mendarat di Area Khusus Bandara Juanda

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelasi I Surabaya di Juanda, Muhammad Budi Hidayat mengatakan, saat mendarat, badan pesawat juga disemprot dengan cairan disinfektan.

"Petugas kemudian melakukan penanganan sesuai protokol kesehatan. Pesawat diminta parkir menjauh di ujung landasan, kemudian seluruh badan dan bagian dalam pesawat disemprot dengan cairan disinfektan," kata Hidayat saat dikonfirmasi, Rabu (18/3/2020).

Penumpang PDP kemudian langsung dievakuasi ke RSU dr Soetomo Surabaya.

Pesawat itu membawa 75 penumpang, termasuk seorang penumpang berstatus PDP.

Sementara, 19 penumpang berstatus orang dengan pengawasan (ODP) karena melakukan kontak dengan penumpang yang berstatus PDP.

Kini mereka dikarantina di Rumah Sakit Menur selama 14 hari.

Sebelumnya diberitakan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya merujuk satu penumpang dari Bandara Juanda ke RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Selasa (17/3/2020).

Kepala KKP Kelas I Surabaya, M Budi Hidayat mengatakan, penumpang tersebut merupakan penumpang pesawat dari Hongkong dan mendarat di Bandara Juanda pada pukul 17.45 WIB.

Di Jawa Timur, tercatat hingga Selasa (17/3/2020) malam ada enam pasien yang positif corona, dan 10 orang berstatus PDP.

Sementara orang dalam pantauan (ODP) di Jatim tercatat sebanyak 25 orang. (Kontributor Surabaya, Achmad Faizal | Editor Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2020/03/18/15531441/bawa-pasien-pdp-corona-pesawat-cathay-pasific-mendarat-di-area-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke