Salin Artikel

Hand Sanitizer Langka, Dosen dan Mahasiswa Itera Lampung Kolaborasi Bikin Sendiri

Pembuatan hand sanitizer ini dilakukan oleh Program Studi (Prodi) Farmasi, Prodi Biologi, Prodi Kimia, serta Prodi DKV (Desain Komunikasi Visual).

Koordinator pembuatan hand sanitizer, Nur Adliani mengatakan, pengolahan cairan antiseptik ini sudah dilakukan sejak Selasa (17/3/2020) dan sudah menghasilkan 20 liter.

"Untuk sementara ini kami baru mampu memproduksi sebanyak 20 liter hand sanitizer, karena memang keterbatasan bahan yang sudah mulai langka, ke depan kami akan melakukan produksi kembali," kata Nur Adliani, Rabu (18/3/2020).

Nur Adliani mengatakan, pembuatan hand sanitizer itu disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh WHO.

Bahan-bahan yang digunakan yaitu Etanol 96 persen yang diencerkan atau sebanyak 833,33 ml, H2O2 3 persen yang telah diencerkan atau sebanyak 41,67 ml, Gliserol 14,5 ml, dan Aquadest secukupnya hingga volume total akhir menjadi 1.000 ml.

"Ini untuk 1 liter cairan antiseptik pembersih tangan," kata Nur Adliani.

Setelah diolah, hand sanitizer produksi mahasiswa dan dosen Itera ini dikemas dalam botol dan selanjutnya ditempatkan di seluruh gedung yang ada di Itera.

"Sementara, produksi ini untuk memastikan tetap tersedianya hand sanitizer di lingkungan kampus Itera," kata Nur Adliani.

Nur Adliani menambahkan, langkah ini menjadi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Itera, setelah sehari sebelumnya Rektor Itera Lampung mengeluarkan edaran pencegahan Covid-19 di lingkungan kampus.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/18/10404111/hand-sanitizer-langka-dosen-dan-mahasiswa-itera-lampung-kolaborasi-bikin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke