Salin Artikel

RSUD Kardinal Isolasi Warga yang Sakit Sepulang dari Bali

TEGAL, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Tegal, Jawa Tengah, kembali menerima satu pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus corona atau Covid-19.

Pasien itu adalah warga Tegal yang baru pulang dari Bali.

Ketua Tim Ad Hoc Penanganan Covid-19 RSUD Kardinah dr. Rahman Edi Santoso mengatakan, pasien itu adalah seorang ibu paruh baya dirujuk pada Senin (16/3/2020) karena mengeluh demam, sesak nafas, dan batuk.

"Saat ini 3 yang diisolasi, terakhir baru pulang dari Bali," kata Rahman, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/3/2020).

Menurut Rahman, kondisi ketiga pasien stabil.

Dengan penambahan ini, berarti RSUD Kardinah mengisolasi 3 PDP.

Sebelumnya dua pasien diisolasi yakni seorang TKI yang baru pulang dari Dubai, Uni Emirat Arab, dan seorang pelajar yang juga baru pulang dari Bali.

Swab tenggorokan ketiganya sudah dikirimkan ke Balitbang Kemenkes RI di Jakarta untuk mendapatkan kepastian positif atau negatif corona.

"Dua pasien diswab kemarin. Satunya tadi hari ini. Hasilnya keluar paling lama 4-5 hari " terang Rahman.


Direktur RSUD Kardinah Heri Susanto saat ini tengah menyiapkan satu ruang isolasi lagi sehingga total berjumlah 4 ruangan.

Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pasien yang harus diisolasi, RSUD Kardinah juga telah menjalin komunikasi dengan sejumlah rumah sakit swasta.

Setidaknya ada delapan ruangan isolasi yang disiapkan saat RSUD Kardinah tak bisa lagi menampung pasien yang harus dirawat di ruang isolasi.

"Sesuai intruksi pak wali kota kita akan tambah ruangan isolasi lagi. Termasuk menggandeng rumah sakit swasta untuk penyediaan 8 ruang isolasi," pungkas Heri.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/17/23030891/rsud-kardinal-isolasi-warga-yang-sakit-sepulang-dari-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke