Salin Artikel

Cegah Corona, Ribuan Mahasiswa di Universitas Mulawarman Batal Wisuda

SAMARINDA, KOMPAS.com – Universitas Mulawarman (Unmul) di Samarinda, Kalimantan Timur terpaksa membatalkan wisuda 1.500 mahasiswanya karena virus corona.

Unmul berencana mewisuda mahasiswanya pada 28 Maret 2020 mendatang. Penundaan wisuda itu hingga jangka waktu yang belum ditentukan.

Rektor Unmul Prof Masjaya mengatakan, pembatalan wisuda tersebut karena adanya edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang meminta menghindari aktivitas yang mengumpulkan banyak orang.

Apalagi, saat wisuda, semua orang bersalaman termasuk rektor dan ribuan wisudawan itu.

“Jadi kita tunda. Karena bisa berpotensi penyebaran virus corona. Bayangkan ada ribuan orang berkumpul disitu, kita tidak tahu jika ada yang terpapar,” ungkap dia saat ditemui Kompas.com di Gedung Rektorat Unmul, Jalan Gunung Kelua, Samarinda, Senin (16/3/2020).

Jika disimulasikan 1.500 wisudawan membawa kedua orangtua ataupun wali maka diprediksi bisa mencapai 3.000 orang. Belum lagi kerabat. Bisa sampai 5.000 orang hadir dalam wisuda itu.

“Sebagai langkah pencegahan sebaiknya kita undur sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,” jelasnya.

Meski dibatalkan, kata Masjaya setelah tanggal 28 Maret 2020, mahasiswa yang butuh ijazah untuk keperluan tertentu bisa mengurus dan difasilitasi dalam bentuk salinan yang disahkan oleh Unmul.

Masjaya mengatakan, segala persiapan menuju wisuda tanggal 28 Maret 2020 sudah dipersiapkan matang.

Bahkan, sejak jauh hari, setiap fakultas sudah menutup pendaftaran wisuda karena jumlah membeludak.

“Tapi karena situasi begini (darurat), kami sampaikan permohonan maaf kepada calon wisudawan yang memang sudah mempersiapkan sedemikian rupa untuk ikut wisuda tapi dengan kondisi sekarang kita harus tunda dulu sampai waktu yang belum ditentukan,” ujarnya.

Masjaya berharap agar kondisi wabah virus corona segera kembali membaik sehingga wisuda bisa terlaksana kembali.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/17/11324191/cegah-corona-ribuan-mahasiswa-di-universitas-mulawarman-batal-wisuda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke